PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD/MI KECAMATAN BUNUT HULU KABUPATEN KAPUAS HULU

Tri Wanda, Rahman (2025) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD/MI KECAMATAN BUNUT HULU KABUPATEN KAPUAS HULU. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_2011061880_COVER.pdf] Text
PBI_2011061880_COVER.pdf

Download (665kB)
[thumbnail of PBI_2011061880_BAB 1.pdf] Text
PBI_2011061880_BAB 1.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of PBI_2011061880_BAB 2.pdf] Text
PBI_2011061880_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[thumbnail of PBI_2011061880_BAB 3.pdf] Text
PBI_2011061880_BAB 3.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of PBI_2011061880_BAB 4.pdf] Text
PBI_2011061880_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[thumbnail of PBI_2011061880_BAB 5.pdf] Text
PBI_2011061880_BAB 5.pdf

Download (13kB)

Abstract

Rahman, Tri Wanda. 2024. Pengembangan Video Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD/MI Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu. Skripsi, Pogram Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Nelly Wedyawati, S.Si.,M.Pd., Pembimbing II: Warkintin M.Pd. Kata Kunci: Video Interaktif, Minat Belajar, IPAS Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemajuan teknologi di abad 21 dan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Media Pembelajaran Video Interaktif dapat meningkatkan minat belajar IPAS pada kelas IV disekolah dasar. Jenis Penelitian Pengembangan (research and development) dengan mengacu pada 5 langkah yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Desain ujicoba menggunakan One Group Pretest-Posttest Desing. Teknik analisis pengumpulan data yang digunakan Angket validator ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan siswa, dan angket minat belajar IPAS Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video interaktif memperoleh persentasi kevalidan media 93% dan ahli materi 80% dari 2 validator ahli dengan kategori “Sangat Valid”. Penilaian respon siswa dan guru terhadap penggunaan video interaktif dengan menunjukkan hasil “Sangat Baik”. Pada uji peningkatan minat belajar dengan menggunakan interpretasi Cohen’s dengan katagori “Sangat Besar”. Penggunaan media video interaktif yang telah dilakukan yaitu dibuktikan terdapat peningkatan minat belajar pada mata pelajaran IPAS yang artinya efektif untuk diterapkan di dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi guru untuk menciptakan media pmebelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:41
Last Modified: 23 Aug 2025 01:41
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item
View Item