PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK SISWA KESULITAN MEMBACA KELAS 2 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE EJA ABJAD DI SDN 06 NANGA NUAR

Nely, Elsa (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK SISWA KESULITAN MEMBACA KELAS 2 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE EJA ABJAD DI SDN 06 NANGA NUAR. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PGSD_2112062020_Tittle.pdf] Text
PGSD_2112062020_Tittle.pdf

Download (647kB)
[thumbnail of PGSD_2112062020_Chapter 1.pdf] Text
PGSD_2112062020_Chapter 1.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of PGSD_2112062020_Chapter 2.pdf] Text
PGSD_2112062020_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[thumbnail of PGSD_2112062020_Chapter 3.pdf] Text
PGSD_2112062020_Chapter 3.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of PGSD_2112062020_Chapter 4.pdf] Text
PGSD_2112062020_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[thumbnail of PGSD_2112062020_Chapter 5.pdf] Text
PGSD_2112062020_Chapter 5.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of PGSD_2112062020_Appendix.pdf] Text
PGSD_2112062020_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nely Elsa Fadhillah. 2025, Pengembangan Media Papan Pintar Untuk Siswa Kesulitan Membaca Kelas 2 Sekolah Dasar Menggunakan Metode Eja Abjad Di SDN 06 Nanga Nuar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatilistiwa Sintang. Pembimbing I: Herpanus. S.P.,M.A,Ph.D, Pembimbing II: Evensius Dimas Hendro Riberu M.Pd

Kata kunci: Pengembangan Media, Papan Pintar, Metode Eja Abjad, Kesulitan Membaca, Siswa Kelas II

Masalah kesulitan membaca pada siswa kelas II SD, khususnya dalam mengenal huruf dan mengeja, masih sering dijumpai dan memerlukan solusi yang tepat. Minimnya penggunaan media pembelajaran konkret yang menarik menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Papan Pintar berbasis metode eja abjad guna membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa secara bertahap, menyenangkan, dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba adalah 27 siswa kelas II SDN 06 Nanga Nuar, dengan validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinyatakan sangat layak, dengan skor 87% dari ahli media dan 88% dari ahli materi. Uji coba menunjukkan respons positif dari guru (96%) dan siswa (94,4%). Efektivitas media berdasarkan analisis N-Gain mencapai 0,516 dengan kategori sedang, menunjukkan peningkatan kemampuan membaca siswa setelah penggunaan media. Simpulan dari penelitian ini adalah media Papan Pintar layak dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran membaca. Implikasinya, media ini dapat dijadikan alternatif inovatif dalam proses pembelajaran literasi awal, serta membantu guru menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nely Elsa Fadhillah
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:46
Last Modified: 11 Sep 2025 01:46
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item
View Item