PENERAPAN MODEL PjBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SINTANG

semigawati, wati (2025) PENERAPAN MODEL PjBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SINTANG. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Title.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Title.pdf.pdf

Download (962kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Chapter 1.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Chapter 1.pdf.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Chapter 2.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Chapter 2.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Chapter 3.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Chapter 3.pdf.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Chapter 4.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Chapter 4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Chapter 5.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Chapter 5.pdf.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Appendix.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Appendix.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_BAU.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_BAU.pdf.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_BAS.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_BAS.pdf.pdf

Download (719kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_SKP.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_SKP.pdf.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_US_TA.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_US_TA.pdf.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_SKU_TA.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_SKU_TA.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Semigawati. 2025. Penerapan Model PjBL Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Persda Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Olenggius Jiran Dores, M.Pd, Pembimbing II: Beni Setiawan,
M.Pd.

Kata kunci: Model PjBL, Minat Belajar, Pemahaman Konsep

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sintang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model PjBL (Project Based Learning). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi, lembar angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-D yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh bahwa persentase ketuntasan klasikal pemahaman konsep matematika siswa meningkat dari siklus I sebesar 78% ke siklus II menjadi 94%. Adapun peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dari siklus I ke siklus II diperoleh rata-rata yaitu 70 menjadi 81. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep matematika siswa berada pada kategori baik. Hasil observasi terhadap aktivitas guru diperoleh siklus I sebesar 68% dan siklus II menjadi 91% mengalami peningkatan 23% dan berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa diperoleh siklus I sebesar 69% dan siklus II menjadi 90% mengalami peningkatan 21% dan berada pada kategori sangat baik. Selanjutnya, respon siswa terhadap model PjBL diperoleh siklus I sebesar 79% dan siklus II menjadi 82% pada kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan minat dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sintang. Diharapkan hasil penelitian ini memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa di SMP Negeri 2 Sintang. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pendidikan khususnya melalui penerapan model PjBL untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Semigawati wati
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:44
Last Modified: 11 Sep 2025 01:44
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1731

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item