Artika, Selly (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE EJA PADA SISWA KELAS III SDN 2 NANGA BELOH TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of PGSD_2011061774_Appendix.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_Appendix.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of PGSD_2011061774_ARTIKEL.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (857kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061774_BAS_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_BAS_TA.pdf.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of PGSD_2011061774_BAU_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_BAU_TA.pdf.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2011061774_Chapter 1.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_Chapter 1.pdf.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061774_Chapter 2.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_Chapter 2.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (249kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061774_Chapter 3.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_Chapter 3.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (340kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061774_Chapter 4.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_Chapter 4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (446kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061774_Chapter 5.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_Chapter 5.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (95kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061774_SKS_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_SKS_TA.pdf.pdf
Download (757kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061774_SKU_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_SKU_TA.pdf.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2011061774_TITLE.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061774_TITLE.pdf.pdf
Download (584kB)
Abstract
ABSTRAK
Selly Artika. 2024, Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Metode Eja Pada Siswa Kelas III SDN 2 Nanga Beloh Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Thomas Joni Verawanto Aristo, M.Pd, Pembimbing II. Gabriel Serani, S.S., M.Hum.
Kata kunci: Membaca, Keterampilan Membaca, Metode eja.
Membaca adalah suatu proses atau aktavitas untuk memperoleh informasi dan pengetahuan, dengan memiliki keterampilan membaca maka semua anak akan mudah mendapatkan pembelajaran disegala bidang studi. Tujuan keterampilan membaca pada dasarnya memberikan bekal pengetahuan dasar menjadikan siswa dapat berkomunikasi dan dapat menerima informasi dari sebuah bacaan yang diperolehnya. Fokus dalam penelitian ini adalah (Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan membaca melalui metode eja pada siswa kelas III SDN 2 Nanga Beloh Tahun Pelajaran 2024/2025. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III berjumlah 13 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, lembar tes dan dokumentasi. Analisis data mencakup empat yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh (1) Melalui metode eja dapat meningkatkan keterampilan membaca berkategori baik. (2) Peningkatan keterampilan membaca siswa melalui metode eja pada siklus I diperoleh hasil belajar rata-rata ketuntasan sebesar 18% dan meningkat pada siklus II mencapai 81%. Tingkat ketuntasan klasikal 80% dengan kategori sangat baik. (3) Respon siswa setelah mengunakan metode eja sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode eja sangat disukai siswa. Kesimpulan dari penelitian ini salah penggunaan metode eja dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian peningkatan keterampilan membaca melalui metode eja ini diharapkan agar lebih memaksimalkan penggunaan dan pemilihan strategi dan metode mengajar yang tepat serta menggunakan sarana dan prasarana yang ada sekolah untuk dapat lebih meningkatkan keterampilan membaca siswa.
ABSTRACT
Selly Artika. 2024, Improving Reading Skills Through Spelling Methods for Class III Students at SDN 2 Nanga Beloh Academic Year 2024/2025. Thesis, PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Study Program. Supervisor I: Thomas Joni Verawanto Aristo, M.Pd, Supervisor II. Gabriel Serani, S.S.,M.Hum.
Keywords: Reading, Reading Skills, Spelling Method.
Reading was a process or activity to obtain information and knowledge, by having reading skills, all children will easily get learning in all fields of study. The purpose of reading skills was basically to provided basic knowledge so those students can communicate and received information from the reading they get. The purpose of this study was to describe the improvement of reading aloud skills through the spelling method in grade III students of SDN 2 Nanga Beloh in the 2024/2025 Academic Year. The method in this study was descriptive qualitative in the form of Classroom Action Research. The research subjects were 13 grade III students. Data collection tools were observation sheets, interviews, test sheets and documentation. Data analysis included four namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study were obtained (1) Through the spelling method, reading skills could be improved in the good category. (2) The improvement of students' reading skills through the spelling method in cycle I obtained an average learning outcome of 18% and increased in cycle II to 81%. The classical completion rate was 80% with a very good category. (3) Student responses after using the spelling method were very good. This indicates that students strongly prefer the use of the spelling method. The conclusion of this study was that incorrect use of the spelling method can improve students' reading skills. This research, which focuses on improving reading skills through the spelling method, was expected to maximize the used and selection of appropriate teaching strategies and methods, as well as utilize existing school facilities and infrastructure to further improve students' reading skills.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Selly Sartika |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 01:43 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 01:43 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1726 |