ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL BERDASARKAN BUDAYA LOKAL SUKU DAYAK IBAN SISWA SD NEGERI 04 SUNGAI UTIK TAHUN AJARAN 2024/2025

Floragrasia, Rezzy (2025) ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL BERDASARKAN BUDAYA LOKAL SUKU DAYAK IBAN SISWA SD NEGERI 04 SUNGAI UTIK TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PGSD_2112061938_Tittle.pdf] Text
PGSD_2112061938_Tittle.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_Chapter 1.pdf] Text
PGSD_2112061938_Chapter 1.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_Chapter 2.pdf] Text
PGSD_2112061938_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_Chapter 3.pdf] Text
PGSD_2112061938_Chapter 3.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_Chapter 4.pdf] Text
PGSD_2112061938_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_Chapter 5.pdf] Text
PGSD_2112061938_Chapter 5.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_Appendix.pdf] Text
PGSD_2112061938_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_BERITA ACARA SEMINAR PROPOSAL.pdf] Text
PGSD_2112061938_BERITA ACARA SEMINAR PROPOSAL.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_BERITA ACARA SIDANG SKRIPSI.pdf] Text
PGSD_2112061938_BERITA ACARA SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_SK PENGUJI SEMINAR PROPOSAL.pdf] Text
PGSD_2112061938_SK PENGUJI SEMINAR PROPOSAL.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_SK PENGUJI SIDANG SKRIPSI.pdf] Text
PGSD_2112061938_SK PENGUJI SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_UNDANGAN SEMINAR PROPOSAL_TA.pdf] Text
PGSD_2112061938_UNDANGAN SEMINAR PROPOSAL_TA.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of PGSD_2112061938_UNDANGAN SIDANG SKRIPSI_TA.pdf] Text
PGSD_2112061938_UNDANGAN SIDANG SKRIPSI_TA.pdf

Download (62kB)

Abstract

Floragrasia Rezzy. 2025 Analisis Keterampilan Sosial Berdasarkan Budaya Lokal Suku Dayak Iban Siswa SD Negeri 04 Sungai Utik Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Eliana Yunitha Seran, M.Pd ., Pembimbing II : Thomas Joni Verawanto Aristo, M.Pd

Kata Kunci : Keterampilan sosial, budaya lokal, Suku Dayak Iban, Pendidikan dasar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan sosial sangat penting dalam pembentukan karakter, komunikasi efektif, dan keberhasilan akademik siswa. Budaya Dayak Iban yang kental di Sungai Utik menjunjung tinggi nilai-nilai gotong royong, solidaritas, sopan santun, serta penghormatan terhadap sesama dan adat istiadat. Tujuan penelitian untuk menganalisis keterampilan sosial siswa SD Negeri 04 Sungai Utik yang dibentuk dan dipengaruhi oleh budaya lokal Suku Dayak Iban. Penelitian ini difokuskan pada tiga aspek utama: bentuk keterampilan sosial siswa, faktor-faktor yang memengaruhi keterampilan sosial siswa, dan upaya guru dalam meningkatkan keterampilan sosial melalui pendekatan budaya lokal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan melibatkan guru, siswa, dan orang tua di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa mencerminkan nilai-nilai budaya lokal, seperti kemampuan berkomunikasi secara santun, bekerja sama dalam kegiatan komunal, berempati, menghargai perbedaan, dan menyesuaikan diri dengan norma adat dan sekolah. Faktor yang memengaruhi antara lain latar belakang keluarga, pengaruh teman sebaya, peran masyarakat, serta pemahaman dan sikap guru terhadap budaya lokal. Upaya guru dalam meningkatkan
keterampilan sosial siswa dilakukan melalui pembelajaran kooperatif, integrasi nilai budaya lokal dalam pembelajaran, diskusi kelas, pendidikan karakter, dan kolaborasi dengan komunitas adat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya lokal Dayak Iban memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk keterampilan sosial siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi dasar dalam pengembangan strategi pembelajaran kontekstual yang menghargai kearifan lokal, serta menjadi inspirasi untuk memperkuat pendidikan karakter berbasis budaya di sekolah-sekolah daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Floragrasia Rezzy
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:38
Last Modified: 11 Sep 2025 01:38
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item
View Item