Clarisa, Natalia Yulisam (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 SEKADAU HULU. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410043_Title.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410043_Title.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410043_Chapter 1.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410043_Chapter 1.pdf.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410043_Chapter 2.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410043_Chapter 2.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (498kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410043_Chapter 3.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410043_Chapter 3.pdf.pdf
Download (645kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410043_Chapter 4.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410043_Chapter 4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (812kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410043_Chapter 5.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410043_Chapter 5.pdf.pdf
Download (287kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410043_Appendix.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410043_Appendix.pdf.pdf
Download (14MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410043_BAS_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410043_BAS_TA.pdf.pdf
Download (726kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410043_BAU_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410043_BAU_TA.pdf.pdf
Download (758kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA _210410043_US_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA _210410043_US_TA.pdf.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA _210410043_SKU_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA _210410043_SKU_TA.pdf.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410043_SKP_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410043_SKP_TA.pdf.pdf
Download (1MB)
Abstract
Clarisa Natalia Yulisam. 2025. Penerapan Model Problem Based Learning
Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII
SMP Negeri 7 Sekadau Hulu. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I:
Olenggius Jiran Dores, M.Pd, Pembimbing 2: Kandida Maro Rayo, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Konsep Matematis, Model PBL
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman konsep matematis
siswa kelas VII SMP Negeri 7 Sekadau Hulu. Tujuan penelitian ini adalah
meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan
model Problem Based Learning (PBL) Penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif dengan bentuk
penelitian penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dari 26 siswa presentase
ketuntasan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dari siklus I ke
siklus II yaitu sebesar 69% menjadi 80%, hasil tersebut menunjukkan
bahwa siswa mampu mencapai kriteria ketuntasan pemahaman konsep
matematis yaitu 65. Adapun peningkatan pemahaman konsep matematis
siswa dari siklus I ke siklus II diperoleh rata-rata yaitu 70 menjadi 77, hasil
tersebut menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep matematis siswa
berada pada kategori tinggi. Hasil observasi terhadap aktivitas guru
diperoleh siklus I sebesar 69% dan siklus II meningkat menjadi 87%
berada pada kategori tinggi. Hasil observasi pada aktivitas siswa diperoleh
siklus I sebesar 65% dan siklus II meningkat menjadi 86% berada pada
kategori tinggi. Respon siswa terhadap model problem based learning
diperoleh siklus I sebesar 66% dan siklus II meningkat menjadi 71% pada
kategori baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL
dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP
Negeri 7 Sekadau Hulu. Penerapan model PBL ini diharapkan dapat
dijadikan solusi yang efektif dan inovatif bagi guru dan sekolah dalam
meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Clarisa Natalia Yulisam |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 01:30 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 01:30 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1673 |