UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 29 NENAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025

cecelia yesi, kartika (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 29 NENAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG.

[thumbnail of PGSD_2112061895_BAU_TA.pdf] Text
PGSD_2112061895_BAU_TA.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_CHAPTER 1.pdf] Text
PGSD_2112061895_CHAPTER 1.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_BAS_TA.pdf] Text
PGSD_2112061895_BAS_TA.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_CHAPTER 2.pdf] Text
PGSD_2112061895_CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_CHAPTER 4.pdf] Text
PGSD_2112061895_CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_CHAPTER 3.pdf] Text
PGSD_2112061895_CHAPTER 3.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_SKS_TA.pdf] Text
PGSD_2112061895_SKS_TA.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_CHAPTER 5.pdf] Text
PGSD_2112061895_CHAPTER 5.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_CHAPTER 5.pdf] Text
PGSD_2112061895_CHAPTER 5.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_US_TA.pdf] Text
PGSD_2112061895_US_TA.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_SKU_TA.pdf] Text
PGSD_2112061895_SKU_TA.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_UU_TA.pdf] Text
PGSD_2112061895_UU_TA.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_TITTLE.pdf] Text
PGSD_2112061895_TITTLE.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PGSD_2112061895_APPENDIX.pdf] Text
PGSD_2112061895_APPENDIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Cecelia Yesi Kartika, 2025. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 29 Nenak Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd., Pembimbing II: Warkintin, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar sebagian besar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang disebabkan oleh kurangnya minat dan motivasi belajar, penggunaan model pembelajaran kurang tepat, serta minimnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 29 Nenak menjadi tujuan dilakukannya penelitian. Jenis penelitian yang digunakan yaitu model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus ditujukan untuk mencoba, mengimplementasikan dan memantapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase ketuntasan individu dan klasikal. Penerapan model ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara bertahap, terlihat dari rata-rata nilai yang meningkat dari 61,43 pada siklus I, menjadi 67,86 pada siklus II, dan mencapai 80,36 pada siklus III. Ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan signifikan dari 42,86% pada siklus I, menjadi 64,29% pada siklus II, dan mencapai 85,71% pada siklus III. Selain itu, respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) sangat positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif dalam mendukung pembelajaran kelompok. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 29 Nenak. Implikasi dari penggunaan model ini berpotensi untuk diterapkan pada mata pelajaran dan jenjang kelas yang berbeda guna melihat konsistensi efektivitas model ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat menjadi salah satu yang direkomendasikan setelah dilakukan oleh peneliti sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Cecelia Yesi Kartika
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:30
Last Modified: 11 Sep 2025 01:30
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item
View Item