kornelia, septi (2025) PENGARUH PENDEKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 17 SEI ANA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG.
![[thumbnail of PGSD_2112061905_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_BAS_TA.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_BAU_TA.pdf
Download (335kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_CHAPTER 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_CHAPTER 1.pdf
Download (403kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_CHAPTER 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_CHAPTER 3.pdf
Download (478kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_CHAPTER 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_CHAPTER 5.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_SKS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_SKS_TA.pdf
Download (624kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_CHAPTER 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (876kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_CHAPTER 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (576kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_US_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_US_TA.pdf
Download (266kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_UU_TA.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_UU_TA.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_SKU_TA.pdf
Download (552kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_APPENDIX.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_APPENDIX.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of PGSD_2112061905_TITTLE.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061905_TITTLE.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kornelia Septi. 2025, Pengaruh Pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 17 Sei Ana Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd., Pembimbing II: Ilinawati, M.Pd.
Kata Kunci : Higher Order Thinking Skills, Hasil Belajar, Sekolah Dasar
Hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta rendahnya kemampuan dalam berpikir kritis, menganalisis masalah, dan menciptakan solusi kreatif yang melatarbelakangi penelitian ini. Meskipun pada aspek berpikir tingkat rendah Lower Order Thinking Skills (LOTS) nilai siswa tergolong cukup baik, namun kemampuan berpikir tingkat tinggi Higher Order Thinking Skills (HOTS) belum optimal. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap hasil belajar siswa pada mata IPAS kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 17 Sei Ana. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu dengan mempertimbangkan karakteristik tertentu, sehingga diperoleh dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan total 58 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengukuran, komunikasi tidak langsung, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis (pre-test dan post-test), angket, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan nilai signifikansi sebesar 0,017 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu, hasil angket respon siswa terhadap pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) menunjukkan rata-rata sebesar 80% yang termasuk dalam kategori kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dapat dijadikan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Kornelia Septi |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 01:29 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 01:29 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1661 |