STRATEGI GURU DALAM PENGUATAN KEMAMPUAN LITERASI DI ERA DIGITAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 07 TEMPUNAK

Kurina, Nia (2025) STRATEGI GURU DALAM PENGUATAN KEMAMPUAN LITERASI DI ERA DIGITAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 07 TEMPUNAK. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of PBSI_2117041541_Tittle.pdf] Text
PBSI_2117041541_Tittle.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of PBSI_2117041541_Chapter 1.pdf] Text
PBSI_2117041541_Chapter 1.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of PBSI_2117041541_Chapter 2.pdf] Text
PBSI_2117041541_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[thumbnail of PBSI_2117041541_Chapter 3.pdf] Text
PBSI_2117041541_Chapter 3.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of PBSI_2117041541_Chapter 4.pdf] Text
PBSI_2117041541_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of PBSI_2117041541_Chapter 5.pdf] Text
PBSI_2117041541_Chapter 5.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of PBSI_2117041541_Appendix.pdf] Text
PBSI_2117041541_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of PBSI_2117041541-BAS_TA.pdf] Text
PBSI_2117041541-BAS_TA.pdf

Download (950kB)
[thumbnail of PBSI_2117041541-BAU_TA.pdf] Text
PBSI_2117041541-BAU_TA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBSI_2117041541-SKS_TA.pdf] Text
PBSI_2117041541-SKS_TA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBSI_2117041541-SKU_TA.pdf] Text
PBSI_2117041541-SKU_TA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBSI_2117041541-US_TA.pdf] Text
PBSI_2117041541-US_TA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurniatun. 2025, Strategi Guru Dalam Penguatan Literasi Digital Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 07 Tempunak Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP. Pembimbing 1 Evi Fitrianingrum, M.Pd., Pembimbing II : Debora Korining Tyas, M.Pd.

Kata kunci: strategi guru, literasi digital, pembelajaran, siswa SMP

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi digital siswa kelas VII B di SMP Negeri 07 Tempunak, yang dipengaruhi oleh keterbatasan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengkaji bagaimana strategi guru dalam menguatkan kemampuan literasi digital siswa, kendala yang dihadapi guru, serta tanggapan siswa terhadap strategi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam penguatan literasi digital pada siswa kelas VII B SMP Negeri 07 Tempunak Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari guru mata pelajaran dan siswa kelas VII B yang secara langsung terlibat dalam pembelajaran berbasis digital. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru meliputi penggunaan media digital seperti video pembelajaran, diskusi melalui WhatsApp, dan penugasan proyek digital. Strategi ini disesuaikan dengan kemampuan siswa dan kondisi infrastruktur. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan perangkat, akses internet, serta minimnya pelatihan guru. Tanggapan siswa beragam, mulai dari positif hingga membutuhkan pendampingan. Dapat disimpulkan bahwa strategi guru berkontribusi terhadap penguatan literasi digital siswa. Harapannya, upaya ini terus ditingkatkan dengan dukungan sarana, pelatihan, dan kerja sama dari berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Kurniatun
Date Deposited: 11 Sep 2025 00:56
Last Modified: 11 Sep 2025 00:56
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1650

Actions (login required)

View Item
View Item