PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERINTEGRASI DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCERNAAN

Marena, Eva (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERINTEGRASI DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCERNAAN. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_2117051487_TITLE.pdf] Text
BIOLOGI_2117051487_TITLE.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2117051487_BAB I.pdf] Text
BIOLOGI_2117051487_BAB I.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2117051487_BAB II.pdf] Text
BIOLOGI_2117051487_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2117051487_BAB III.pdf] Text
BIOLOGI_2117051487_BAB III.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2117051487_BAB IV.pdf] Text
BIOLOGI_2117051487_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2117051487_BAB V.pdf] Text
BIOLOGI_2117051487_BAB V.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2117051487_BAS_TA.pdf] Text
BIOLOGI_2117051487_BAS_TA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BIOLOGI_2117051487_BAU_TA.pdf] Text
BIOLOGI_2117051487_BAU_TA.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BIOLOGI_2117051487_SKU_TA.pdf] Text
BIOLOGI_2117051487_SKU_TA.pdf

Download (768kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2117051487_US_TA.pdf] Text
BIOLOGI_2117051487_US_TA.pdf

Download (671kB)

Abstract

Marena Eva. 2025, Pengaruh Model Pembelejaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Terintegrasi Dengan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencernaan. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Dr. Yakobus Bustami, S.Si., M.Pd, Pembimbing 2 : F. Rahayu Esti Wahyuni, S.Si.,M.Pd.

Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Kecerdasan Interpesonal, Kemampuan Berpikir Kritis

Pendidikan merupakan suatu proses yang telah dirancang secara sistematis dalam rangka pengembangan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terintegrasi dengan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan di kelas XI SMA Negeri 2 Tempunak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini kelas XI dengan jumlah siswa 61 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes, dan lembar respon siswa. Pengujian pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil observasi siswa di kelas eksperimen diperoleh rata-rata 87,28%, dengan kriteria sangat baik, observasi siswa di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 60,25% dengan kriteria baik, dan observasi guru di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 90,13% dengan kriteria sangat baik dan observasi guru di kelas kontrol di peroleh hasil 79,22% dengan kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hasil signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif teams games tournamen (TGT) terintegrasi dengan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencernaan didapatkan hasil uji hipotesis posstest kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana diperoleh nilai Sig.(2-tailed) < α yakni 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Respon siswa dalam penggunaan model kooperatif teams games tournamen (TGT) terinegrasi dengan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencernaan didapatkan nilai rata-rata 88,95% dengan kriteria sangat baik atau positif. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan nilai rata-rata, kesimpulan dari penelitian ini model pembelajaran kooperatif teams games tournamen (TGT) pada materi sistem pencernaan yang diukur berpengaruh, dan sangat baik untuk digunakan saat proses pembelajaran biologi. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang tepat guna meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Marena Eva
Date Deposited: 11 Sep 2025 00:56
Last Modified: 11 Sep 2025 00:56
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item
View Item