Rahmi, Ami (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 RIAM PANJANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of PGSD_2112061987_TITLE.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061987_TITLE.pdf
Download (322kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061987_BAB I.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061987_BAB I.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061987_BAB II.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061987_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (131kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061987_BAB III.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061987_BAB III.pdf
Download (243kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061987_BAB IV.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061987_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (224kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061987_BAB V.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061987_BAB V.pdf
Download (11kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061987_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061987_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2112061987_BAS_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061987_BAS_BAU_TA.pdf
Download (355kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061987_SKP_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061987_SKP_TA.pdf
Download (254kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061987_SKS_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061987_SKS_SKU_TA.pdf
Download (508kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061987_US_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061987_US_UU_TA.pdf
Download (222kB)
Abstract
RAHMI. 2025. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Riam Panjang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pgsd Stkip Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Eliana Yunitha Seran, M.Pd.
Pembimbing II: Evi Fitrianingrum, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Posing
Penelitian ini dilakukan di SDN 02 Riam Panjang. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Riam Panjang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Riam Panjang dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Riam Panjang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Bentuk penelitian ini adalah PTK.Teknik penggumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, pengukuran dan teknik dokumentasi. Alat penggumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes, angket, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV dengan katagori sangat baik, hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata siklus I yaitu 67,27 dan Siklus II pertemuan I yaitu 67,87 dan pertemuan ke II yaitu 80,00. Sedangkan hasil observasi guru siklus I yaitu 80% siklus II pertemuan I yaitu 86% dan pertemuan II 100%. Hasil observasi siswa pada siklus I yaitu 70% siklus II pertemuan I yaitu 80% pada pertemuan II yaitu 90% dengan katagori sangat baik. Hasil angket respon siswa mendapat nilai rata-rata 97,27 dengan kata kagori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN O2 Riam Panjang Tahun Pelajaran 2024/2025. Saran penelitian agar guru-guru di SDN 02 Riam Panjang dapat mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran Problem Posing dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara aktif dan kreatif. Selain itu, model ini juga dapat dikembangkan lebih lanjut untuk diterapkan pada mata pelajaran dan jenjang kelas yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rahmi |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 00:56 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 00:56 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1641 |