Flagia, Gia (2025) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI SMAS PGRI 05 RAWAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of PPKN_211702723_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_Tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_Chapter 1.pdf
Download (329kB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (363kB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_Chapter 3.pdf
Download (280kB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (690kB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_Chapter 5.pdf
Download (194kB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_BAS_TA.pdf
Download (371kB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_BAU_TA.pdf
Download (379kB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_SKS.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_SKS.pdf
Download (893kB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_SKU_TA.pdf
Download (881kB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_US_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_US_TA.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of PPKN_211702723_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702723_UU_TA.pdf
Download (236kB)
Abstract
Flagia Wardani. 2025. Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di Smas Pgri 05 Rawak Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi PPKn STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Pembimbing I: Suparno, M.Pd., Pembimbing II: Mardawani, M.Pd.
Kata Kunci: Dampak Penggunaan gadget, perilaku sosial,
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya penggunaan gadget di kalangan siswa SMAS PGRI 05 Rawak yang berdampak pada perilaku sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gadget, perilaku sosial siswa, dan dampak gadget terhadap perilaku sosial tersebut dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa menghabiskan durasi 2-10 jam per hari untuk menggunakan gadget, terutama handphone, untuk belajar, hiburan, dan bersosialisasi. Meskipun gadget berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran, terdapat kecenderungan siswa lebih fokus pada hiburan dan media sosial, yang mengurangi interaksi langsung. (2) Perilaku sosial siswa menunjukkan interaksi yang baik di antara teman sebaya, tetapi ketergantungan pada gadget mengurangi frekuensi komunikasi tatap muka. Keterlibatan dalam kegiatan kelompok dan partisipasi sosial juga dipengaruhi oleh penggunaan gadget, dimana siswa yang lebih terhubung dengan dunia digital cenderung kurang berpartisipasi dalam interaksi sosial langsung. (3) Penggunaan gadget memiliki dampak positif, seperti memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi, serta memperkuat hubungan dengan keluarga. Namun, dampak negatifnya termasuk pengurangan interaksi langsung, isolasi sosial, dan kesulitan dalam membangun keterampilan komunikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kecemasan dan stres saat tidak menggunakan gadget juga menjadi masalah. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan keseimbangan antara penggunaan gadget dan interaksi sosial langsung untuk mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa. Harapan dari penelitian ini adalah dapat menambah kazanah ilmu pengetuan dan dapat dijadikan sebagai acuan perubahan pada dampak penggunaan gadgetterhadap perilaku sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Flagia Wardani |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 09:02 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 09:02 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1575 |