PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PANCASILA (ULAR TANPAN) TEMA 8 MATERI SILA-SILA PANCASILA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 29 NENAK TEMBULAN TAHUN AJAR 2024

kristina, Ira (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PANCASILA (ULAR TANPAN) TEMA 8 MATERI SILA-SILA PANCASILA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 29 NENAK TEMBULAN TAHUN AJAR 2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PGSD_2011061831_tittle.pdf] Text
PGSD_2011061831_tittle.pdf

Download (792kB)
[thumbnail of PGSD_2011061831-CHAPTER 1.pdf] Text
PGSD_2011061831-CHAPTER 1.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of PGSD_2011061831_CHAPTER 2.pdf] Text
PGSD_2011061831_CHAPTER 2.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of PGSD_2011061831_CHAPTER 3.pdf] Text
PGSD_2011061831_CHAPTER 3.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of PGSD_2011061831_CHAPTER 4.pdf] Text
PGSD_2011061831_CHAPTER 4.pdf

Download (765kB)
[thumbnail of PGSD_2011061831_CHAPTER 5.pdf] Text
PGSD_2011061831_CHAPTER 5.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of PGSD_2011061831_APPENDIX.pdf] Text
PGSD_2011061831_APPENDIX.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kristina Ira Dwiyanti. 2024. Pengembangan Permainan Ular Tangga Pancasila (Ular Tanpan) Tema 8 Materi Sila-Sila Pancasila Kelas III SD Negeri 29 Nenak Tembulan Tahun Ajaran 2024. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Agusta Kurniati., M,Pd., Pembimbing II: Thomas Joni Verawanto Aristo., M.Pd.

Kata Kunci: Media, UlarTangga, Pancasila

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media mendukung dalam menyampaikan materi sila-sila pancasila. Cara lain untuk mengatasi permasalahan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbentuk permainan UlarTangga Pancasila (Ular Tanpan). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan Pernainan Ular Tangga Pancasila (Ular Tanpan) terhadap materi sila-sila pancasila pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 29 Nenak Tembulan. Pendekatan penelitian Reseacrh and Development menggunakan model ADDIE tahapan sebagai berikut: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Bentuk penelitian Quasi Eksperiment Design. Teknik penentuan sampel purposive sampling dengan jumlah 97 siswa. Alat pengumpul data angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan media sebagai berikut. (1) Kelayakan media oleh ahli media sebesar 99% dan ahli materi sebesar 99% dinyatakan kriteria sangat layak untuk diujicobakan kepada siswa. (2) Keefektifan media ular tanpan berdasarkan hasil pretesst dan posstest uji coba skala kecil dan uji coba skala luas menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan hasil secara keseluruhan <0,05 di sekolah dasar negeri 29 nenak tembulan. (3) Materi pancasila siswa skala terbatas sebesar 0,00,<0,05. (4) Hasil uji coba skala terbatas dan skala luas menunjukkan terdapat pebedaan yang signifikan.Hasil belajar psikomotorik kelompok ekperimen rata-rata sebesar 76,74. (5) Permainan Ular Tangga layak digunakan pada proses pembelajaran dikelas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan kelayakan dalam menggunakan media ular tangga pancasila (ular tanpan) tema 8 materi sila-sila pancasila pada kelas III SD Negeri 29 Nenak Tembulan Tahun Ajaran 2024. Dengan demikian, diharapkan guru dapat menggunakan media ular tangga (ular tanpan) di SD Negeri 29 Enak Tembulan untuk meningkatkan keefektifan dan hasil belajar siswa dalam menggunakan media ular tangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Kristina Ira Dwiyanti
Date Deposited: 09 Sep 2025 09:01
Last Modified: 09 Sep 2025 09:01
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item
View Item