UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI YOUTUBE DALAM MENYIMAK CERITA PENDEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 04 PANDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Selvi Handayani, Selvi (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI YOUTUBE DALAM MENYIMAK CERITA PENDEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 04 PANDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of PGSD_2011061842_UU_TA.pdf] Text
PGSD_2011061842_UU_TA.pdf

Download (845kB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_US_TA.pdf] Text
PGSD_2011061842_US_TA.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_SKU_TA.pdf] Text
PGSD_2011061842_SKU_TA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_US_TA.pdf] Text
PGSD_2011061842_US_TA.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_Chapter1.pdf.pdf] Text
PGSD_2011061842_Chapter1.pdf.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_Chapter4.pdf.pdf] Text
PGSD_2011061842_Chapter4.pdf.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_BAU_TA.pdf] Text
PGSD_2011061842_BAU_TA.pdf

Download (962kB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_Chapter2.pdf.pdf] Text
PGSD_2011061842_Chapter2.pdf.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_Chapter3.pdf.pdf] Text
PGSD_2011061842_Chapter3.pdf.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_BAS_TA.pdf] Text
PGSD_2011061842_BAS_TA.pdf

Download (969kB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_SKS_TA.pdf] Text
PGSD_2011061842_SKS_TA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_Tittle.pdf.pdf] Text
PGSD_2011061842_Tittle.pdf.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PGSD_2011061842_Appendix.pdf.pdf] Text
PGSD_2011061842_Appendix.pdf.pdf

Download (20MB)

Abstract

Masalah penelitian ini yaitu keaktifan dan hasil belajar bahasa indonesia siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan aplikasi Youtube dalam menyimak cerita pendek pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 04 Pandan tahun pelajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan adalah model Kurt Lewin dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu 28 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan angket. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, soal tes dan angket. Teknik analisis data kualitatif menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh: (1) penggunaan aplikasi Youtube terjadi peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 6,94% pada siklus I persentase sebesar 87,5% (baik). Siklus II meningkat menjadi 94,44% (sangat baik). (2) peningkatan keaktifan siswa menggunakan aplikasi Youtube siklus I ke siklus II sebesar 20,24%, pada siklus I persentase sebesar 71,42% (cukup). Siklus II meningkat menjadi 91,66% (sangat baik). (3) peningkatan hasil belajar klasikal pada ranah kognitif sebesar 28,57%, hal ini terlihat pada siklus I memperoleh nilai sebesar 53,57% (cukup) dan pada siklus II sebesar 82,14% (baik). Peningkatan pada ranah afektif sebesar 23,44%, hal ini terlihat pada siklus I memperoleh nilai sebesar 66,29% (cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 89,73% (sangat baik). Peningkatan pada ranah psikomotor sebesar 18,3%, hal ini terlihat pada siklus I memperoleh nilai sebesar 66,74% (cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 85,04% (sangat baik). (4) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Youtube diperoleh rerata sebesar 83,02% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan aplikasi Youtube dalam menyimak cerita pendek pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 04 Pandan tahun pelajaran 2023/2024. Dengan demikian, diharapkan guru Bahasa Indonesia SD Negeri 04 Pandan dapat menggunakan aplikasi Youtube untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Selvi Handayani
Date Deposited: 09 Sep 2025 09:00
Last Modified: 09 Sep 2025 09:00
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1542

Actions (login required)

View Item
View Item