PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPAS SDN 20 SUNGAI PUTAT

Rifki Dwi Kurniawan, RDW (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPAS SDN 20 SUNGAI PUTAT. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PGSD_2011061889_Tittle.pdf] Text
PGSD_2011061889_Tittle.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of PGSD_2011061889_Chapter1.pdf] Text
PGSD_2011061889_Chapter1.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of PGSD_2011061889_Chapter2.pdf] Text
PGSD_2011061889_Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[thumbnail of PGSD_2011061889_Chapter3.pdf] Text
PGSD_2011061889_Chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[thumbnail of PGSD_2011061889_Chapter4.pdf] Text
PGSD_2011061889_Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[thumbnail of PGSD_2011061889_Chapter5.pdf] Text
PGSD_2011061889_Chapter5.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of PGSD_2011061889_appendix.pdf] Text
PGSD_2011061889_appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran video animasi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN 20 Sungai putat pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial, karena media ini dapat menambah minat dan rasa antusias siswa dalam belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan reseacrh and development dengan menggunakan metode ADDIE yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 20 sungai putat, dengan jumlah siswa 12 orang. Instrumen yang digunakan validasi ahli, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tahapan-tahapan pada pengembangan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan hasil belajar yaitu menggunakan prosedur pengembangan metode ADDIE. 2) Kelayakan media video animasi berdasarkan validasi ahli media memperoleh rata-rata presentasi sebesar 95% dengan kriteria sangat valid, kemudian perolehan rata-rata presentase hasil validasi ahli materi sebesar 96% dengan kriteria sangat valid. 3) Hasil uji skala kecil respon siswa terhadap media pembelajaran video animasi dengan perolehan presentase sebesar 62% kriteria baik, dan skala besar respon siswa terhadap media pembelajaran video animasi dengan perolehan presentase sebesar 84% kriteria sangat baik. 4) Tes hasil belajar setelah menggunakan video animasi siswa dengan nilai pretest dengan nilai rata-rata 32% dan nilai post-test dengan nilai rata-rata 82%, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dalam memanfaatkan media video animasi sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Gusti Maulana Ridho
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:23
Last Modified: 09 Sep 2025 07:23
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item
View Item