ATRINA, LUTI (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DI SMP NEGERI 1 TEMPUNAK. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of mtk_ 190210011_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_ 190210011_tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of mtk_ 190210011_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_ 190210011_chapter1.pdf
Download (400kB)
![[thumbnail of mtk_ 190210011_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_ 190210011_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (204kB)
![[thumbnail of mtk_ 190210011_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_ 190210011_chapter3.pdf
Download (461kB)
![[thumbnail of mtk_ 190210011_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_ 190210011_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (654kB)
![[thumbnail of mtk_ 190210011_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_ 190210011_chapter5.pdf
Download (94kB)
![[thumbnail of mtk_ 190210011_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_ 190210011_appendix.pdf
Download (8MB)
Abstract
AtrinaLuti. 2024. Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBM) di SMP Negeri 1 Tempunak. Pembimbing I: Olenggius Jiran Dores, M.Pd, Pembimbing 2: Ahmad Supendi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah Penelitian ini di latarbelakangi pada permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi matematis matematika sekolah. Sebagai alternatif, di lakukan penelitian dengan penerapan model pembelajaran bebasis masalah. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempunak, (2) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Tempunak, (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di SMP Negeri 1 Tempunak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 23 orang. Instrument yang digunakan lembar observasi, soal tes, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kategori baik. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan kategori tinggi, siklus I diperoleh rata-rata 81 dan siklus II 91 mengalami peningkatan sebesar 10%. Respon siswa melalui angket menunjukkan bahwa siswa merespon positif dengan kategori baik. Hal ini membuktikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:42 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:42 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1487 |