MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DI SMP NEGERI 1 TEMPUNAK

ATRINA, LUTI (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DI SMP NEGERI 1 TEMPUNAK. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of mtk_ 190210011_tittle.pdf] Text
mtk_ 190210011_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of mtk_ 190210011_chapter1.pdf] Text
mtk_ 190210011_chapter1.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of mtk_ 190210011_chapter2.pdf] Text
mtk_ 190210011_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[thumbnail of mtk_ 190210011_chapter3.pdf] Text
mtk_ 190210011_chapter3.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of mtk_ 190210011_chapter4.pdf] Text
mtk_ 190210011_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[thumbnail of mtk_ 190210011_chapter5.pdf] Text
mtk_ 190210011_chapter5.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of mtk_ 190210011_appendix.pdf] Text
mtk_ 190210011_appendix.pdf

Download (8MB)

Abstract

AtrinaLuti. 2024. Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBM) di SMP Negeri 1 Tempunak. Pembimbing I: Olenggius Jiran Dores, M.Pd, Pembimbing 2: Ahmad Supendi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah Penelitian ini di latarbelakangi pada permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi matematis matematika sekolah. Sebagai alternatif, di lakukan penelitian dengan penerapan model pembelajaran bebasis masalah. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempunak, (2) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Tempunak, (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di SMP Negeri 1 Tempunak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 23 orang. Instrument yang digunakan lembar observasi, soal tes, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kategori baik. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan kategori tinggi, siklus I diperoleh rata-rata 81 dan siklus II 91 mengalami peningkatan sebesar 10%. Respon siswa melalui angket menunjukkan bahwa siswa merespon positif dengan kategori baik. Hal ini membuktikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:42
Last Modified: 26 Jun 2025 02:42
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1487

Actions (login required)

View Item
View Item