ANALISIS STRUKTUR KONEKSI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS SOAL HOTS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ANITA, B RINDIANI (2023) ANALISIS STRUKTUR KONEKSI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS SOAL HOTS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of mtk_190210008_tittle.pdf] Text
mtk_190210008_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of mtk_190210008_cahpter1.pdf] Text
mtk_190210008_cahpter1.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of mtk_190210008_cahpter2.pdf] Text
mtk_190210008_cahpter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[thumbnail of mtk_190210008_cahpter3.pdf] Text
mtk_190210008_cahpter3.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of mtk_190210008_cahpter4.pdf] Text
mtk_190210008_cahpter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of mtk_190210008_cahpter5.pdf] Text
mtk_190210008_cahpter5.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of mtk_190210008_appendix.pdf] Text
mtk_190210008_appendix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anita B Rindiani. 2023, Analisis Struktur Koneksi dan Berpikir Kritis Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Soal HOTS. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Melinda Rismawati M.Pd., Pembimbing II. Nurapni Sopia M.Pd. Kata kunci: Struktur Koneksi Matematis, Berpikir Kritis, HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur koneksi dan berpikir matematis siswa SMA dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS dengan materi barisan dan deret aritmatika, kemampuan yang diharapkan dkuasai oleh siswa yakni kemam- puan menyelesaikan soal matematika dengan baik dan benar. Analisis data ini menggunakan indikator koneksi matematis menurut NCTM sebagai berikut: (a). mengenal dan menggunakan keterhubungan diantara ide – ide matematika. (b). memahami bagaimana ide – ide matematika dihubungkan dan dibangun satu sama lain sehingga berkaitan secara lengkap. (c). mengenal dan menggunakan matemat- ika dalam konteks di luar matematika dan indikator berpikir kritis menurut Ennis dan Robert yaitu: (a). memberikan penjelasan sederhana, (b). membentuk ket- erampilan dasar (c). membuat kesimpulan (merancang kesimpulan), (d). mem- berikan penjelasan lanjut, (e). menyusun strategi dan taktik. Subjek penelitian ini adalah SMA Negeri 4 Sintang kelas IX-A yang terdiri dari 30 orang siswa, instru- ment yang digunakan adalah soal tes berbasis HOTS dan wawancara. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Berdasar- kan analisis data dapat disimpulkan bahwa struktur koneksi dan berpikir kritis subjek pada soal nomor 1 dengan soal HOTS level kognitif C4, subjek dapat disim- pulkan sudah lengkap dimana subjek sudah memenuhi indikator koneksi dan ber- pikir kritis, struktur koneksi dan berpikir kritis subjek masih belum lengkap dalam menyelesaikan soal 2 dan Struktur koneksi dan berpikir kritis subjek pada soal no- mor 3 dengan soal HOTS level kognitif C6, subjek SAL dan DR menjawab dengan benar, sedangkan subjek DJ hanya mampu pada mengenal keterhubungan diantara ide – ide matematis dimana DJ hanya mampu menguraikan yang diketahui pada soal, sedangkan subjek HM, MS dan GL tidak menjawab soal dengan tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:31
Last Modified: 26 Jun 2025 02:31
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1485

Actions (login required)

View Item
View Item