PENGARUH PENGGUNAAN PAPAN PELUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELUANG KEJADIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VIII SMPN 1 BINJAI HULU

aming, aming (2024) PENGARUH PENGGUNAAN PAPAN PELUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELUANG KEJADIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VIII SMPN 1 BINJAI HULU. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of mtk_200310030_tittle.pdf] Text
mtk_200310030_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of mtk_200310030_chapter1.pdf] Text
mtk_200310030_chapter1.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of mtk_200310030_chapter2.pdf] Text
mtk_200310030_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[thumbnail of mtk_200310030_chapter3.pdf] Text
mtk_200310030_chapter3.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of mtk_200310030_chapter4.pdf] Text
mtk_200310030_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[thumbnail of mtk_200310030_chapter5.pdf] Text
mtk_200310030_chapter5.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of mtk_200310030_appendix.pdf] Text
mtk_200310030_appendix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Aming. 2024, Pengaruh Penggunaan Papan Peluang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Kejadian Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas VIII SMPN 1 Binjai Hulu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Olenggius Jiran Dores, M.Pd., Pembimbing II: Nurapni Sopia, M.Pd Kata Kunci: Papan Peluang, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi peluang kejadian di kelas VIII SMPN 1 Binjai Hulu. Alternatif mengatasi permasalahan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran papan peluang yang dikolaborasikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan papan peluang terhadap hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMPN 1 Binjai Hulu. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian Quasi Eksperiment Design dengan jumlah sampel penelitain 58 siswa. Alat pengumpul data yaitu : lembar angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh persentase ketuntasan sebesar 66% sedangkan kelas eksperimen memperoleh persentase ketuntasan sebesar 79%. Adapun respon siswa diperoleh 52% sangat puas, 28% puas, 17% cukup puas, dan 3% kurang puas. Selanjutnya hasil uji hipotesis penelitian dengan uji paired sampel t test menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak dengan kata lain terdapat pengaruh papan peluang terhadap hasil belajar siswa pada materi peluang kejadian melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMPN 1 Binjai Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:27
Last Modified: 26 Jun 2025 02:27
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item
View Item