PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 TEMPUNAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

DAMIANUS, SOPIAN (2022) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 TEMPUNAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of mtk_180110001_tittle.pdf] Text
mtk_180110001_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of mtk_180110001_chapter1.pdf] Text
mtk_180110001_chapter1.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of mtk_180110001_chapter2.pdf] Text
mtk_180110001_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[thumbnail of mtk_180110001_chapter3.pdf] Text
mtk_180110001_chapter3.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of mtk_180110001_chapter4.pdf] Text
mtk_180110001_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[thumbnail of mtk_180110001_chapter5.pdf] Text
mtk_180110001_chapter5.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of mtk_180110001_appendix.pdf] Text
mtk_180110001_appendix.pdf

Download (8MB)

Abstract

Damianus Sopian. 2022. Pengembangan LKS Berbasis CTL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tempunak Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Melinda Rismawati, M.Pd, Pembimbing II: Nurapni Sopia, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, LKS, CTL, Pemecahan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan fakta dilapangan bahwa rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII A di SMP N 1 Tempunak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan Model ADDIE, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar uji keterbacaan, soal posttest, dan angket respon. Berdasarkan hasil uji validitas, LKS berbasis CTL yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 3,60 dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji keterbacaan LKS berbasis CTL yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor penilaian siswa sebesar 3,82. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan termasuk pada kriteria “sangat praktis” dapat digunakan untuk setiap aspek yang dinilai. Hasil analisis data keefektifan LKS dari pengerjaan soal posttest pada LKS berbasis CTL, diperoleh rata-rata nilai 96,67 berada pada rentang kategori sangat efektif dengan kemampuan pemecahan masalah sangat baik. Hasil uji keefektifan juga menunjukan nilai rata-rata siswa sebesar 83,5% setelah menggunakan LKS berbasis CTL. Hasil angket respon siswa terhadap LKS berbasis CTL berada pada persentase sebesar 87% yakni menunjukan respon sangat positif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa LKS berbasis CTL yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dengan respon yang sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:11
Last Modified: 25 Jun 2025 02:11
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item
View Item