PENGARUH MEDIA QUIZ ONLINE WEBSITE KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SEBERUANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Adrianus, Jupari (2023) PENGARUH MEDIA QUIZ ONLINE WEBSITE KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SEBERUANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of bahasa indonesia_1915041480_tittle.pdf] Text
bahasa indonesia_1915041480_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1915041480_chapter1.pdf] Text
bahasa indonesia_1915041480_chapter1.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1915041480_chapter2.pdf] Text
bahasa indonesia_1915041480_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1915041480_chapter3.pdf] Text
bahasa indonesia_1915041480_chapter3.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1915041480_chapter4.pdf] Text
bahasa indonesia_1915041480_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1915041480_chapter5.pdf] Text
bahasa indonesia_1915041480_chapter5.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1915041480_appendix.pdf] Text
bahasa indonesia_1915041480_appendix.pdf

Download (20MB)

Abstract

Adrianus Jupari. 2023, Pengaruh Media Quiz Online Website Kahoot Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII C SMP
Negeri 1 Seberuang Tahun Pelajaran 2022/2023. Program Studi PBSI STKIP Persada Khatulistia Sintang. Pembimbing I: Herpanus S.P., M.A., Ph.D., Pembimbing II. Yudita Susanti S.S., M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh media Quiz Online Website Kahoot, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Media Quiz Online Website Kahoot Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Seberuang Tahun Pelajaran
2022/2023.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan di kelas VIII C SMP Negeri 1 Seberuang, bahwa hasil belajar di kelas masih rendah karena guru
masih menggunakan pembelajaran konvensional dalam penyampaian materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan bentuk penelitiannya Quasi Exsperimental Design ( penelitian eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini terdiri dari lima kelas sebanyak 131 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa yaitu 24 siswa kelas eksperimen dan 24 siswa kelas control. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hasil Observasi siswa dan guru
di kelas eksperimen menunjukkan angka 100% berkriteria “Sangat Baik”. (2) hasil rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 65,96%, posttest 73,58% dan hasil rata-rata nilai pretest kelas control 70,83%, posttest 71,42%. (3) hasil uji hipotesi T-test yaitu nilai Sig (2-tailed) = 0,491 > dari ttabel yaitu 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan quiz online website kahoot terhadap hasil belajar siswa. (4) hasil angket respon siswa secara keseluruhan terhadap media pembelajaran quiz online website kahoot mencapai 2532 dan memiliki rata-rata angket sebesar 81,66% dari 24 responden yang memberikan penilaian terhadap quiz online website kahoot. Jika dilihat dari tabel interpretasi diatas maka perolehan angket 81,66% termasuk dalam kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 16 Jun 2025 03:34
Last Modified: 16 Jun 2025 03:34
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1387

Actions (login required)

View Item
View Item