PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI NILAI-NILAI DALAM TEKS CERPEN (DIKELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEPAUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022)

Yeni, Lestary (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI NILAI-NILAI DALAM TEKS CERPEN (DIKELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEPAUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022). Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1814041476_tittle.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1814041476_tittle.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1814041476_chapter1.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1814041476_chapter1.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1814041476_chapter2.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1814041476_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1814041476_chapter3.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1814041476_chapter3.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1814041476_chapter4.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1814041476_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1814041476_chapter5.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1814041476_chapter5.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1814041476_appendix.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1814041476_appendix.pdf

Download (551kB)

Abstract

Yeni Lestary. 2022, Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Nilai-Nilai Dalam Teks Cerpen (Dikelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sepauk Tahun Pelajaran 2021/2022)Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.Pembimbing I:Evi Fitrianingrum,M.Pd Pembimbing II: Tedi Suryadi,M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman siswa kelas XI ATP SMK Negeri 1 Sepauk terhadap materi nilai-nilai dalam teks cerpen . Masalah umum dalam model role playing pada siswa kelas XI ATP Negeri 1 Sepauk mendeskripsikan Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Nilai-Nilai Dalam Teks Cerpen (Dikelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sepauk Tahun Pelajaran 2021/2022) peningkatan Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI ATP Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sepauk yang berjumlah 31 orang. Hasil bahwa penggunaan model role playing dalam pembelajaran materi nilai- nilai dalam teks cerpen sangat membantu siswa sehingga tertarik, semangat dan aktif belajar sehingga meningkatkan kinerja dan kreatifitas guru dalam mengajar. Peningkatan pemahaman siswa menggunakan model role playing pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,48 menunjukkan bahwa siswa sudah cukup mampu memahami materi nilai-nilai dalam teks cerpen mengggunakan model role playing, kemudian mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada siklus II dengan nilai rata-rata 90,15. Dengan demikian dapat disimpulkan khususnya peningkatan pemahaman siswa menggunakan model role playing mengalami peningkatan yang signifikan dari ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 58,06% mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan mencapai 100% dalam kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:22
Last Modified: 16 Jun 2025 02:22
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item
View Item