ROSITA, ENJELINA (2021) META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051376-tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051376-tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051376-chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051376-chapter1.pdf
Download (175kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051376-chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051376-chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (165kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051376-chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051376-chapter3.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051376-chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051376-chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (214kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051376-chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051376-chapter5.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051376-appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051376-appendix.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rosita Enjelina. 2021. Meta-Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Hilarius Jago Duda,S.Si, M.Pd, Pembimbing II: Markus Iyus Supiandi, M.Pd.Kata Kunci: Meta-Analisis,TPS, Berpikir kritis dan Hasil Belajar Kognitif. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran biologi. 2) untuk mengetahui hasil perhitungan effect size pada model pembelajaran kooperatif tipe (TPS), media dan pendekatan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan metode kuantitatif deskritif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu studi meta-analisis. Sampel yang digunakan dalam penelitian terdiri atas 1 skripsi dan 11 artikel publikasi ilmah dengan pengelompokan 5 artikel terakreditasi di SINTA dan 7 artikel yang tidak terakreditasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pemberian kode kategori pada artikel dan skripsi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: 1) model pembelajaran kooperatif tipe (TPS) pada mata pelajaran biologi memiliki efektivitas besar terhadap kemampuan berpikir kritis memiliki efek besar sebesar 0.43 dan model pembelajaran TPS secara keseluruhan berdasarkan (media kartu bergambar, media gambar, media gambar, peta konsep, media tree chart dan media mind mapping) serta pendekatan PBL, pendekatan make a match dan pendekatan berbasis saintifik) pada variabel terikat berpikir kritis memiliki efek besar sebesar 0.50. 2) model pembelajaran kooperatif tipe (TPS) pada mata pelajaran biologi memiliki efektivitas besar terhadap kemampuan hasil belajar kognitif memiliki efek besar sebesar 0.55 dan model pembelajaran TPS secara keseluruhan berdasarkan (media kartu bergambar, media gambar, media gambar, peta konsep, media tree chart dan media mind mapping) serta pendekatan PBL, pendekatan make a match dan pendekatan berbasis saintifik) pada variabel terikat berpikir kritis memiliki efek besar sebesar 0.65. 3) model pembelajaran kooperatif tipe (TPS) pada mata pelajaran biologi berdasarkan media pembelajaran memiliki efek besar sebesar 0.60. 4) model pembelajaran kooperatif tipe (TPS) pada mata pelajaran biologi berdasarkan pendekatan saintifik, PBL dan Make A Match memiliki efek besar sebesar 0,45. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe (TPS) memiliki efektifitas besar, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 08:07 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 08:07 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1362 |