UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISTEM KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII A SMP NEGERI 03 SEPAUK

LALA PRADITA, SUCI WULANDARI (2022) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISTEM KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII A SMP NEGERI 03 SEPAUK. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_ 1814051430_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_ 1814051430_tittle.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BIOLOGI_ 1814051430_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_ 1814051430_chapter1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BIOLOGI_ 1814051430_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_ 1814051430_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BIOLOGI_ 1814051430_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_ 1814051430_chapter3.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BIOLOGI_ 1814051430_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_ 1814051430_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of BIOLOGI_ 1814051430_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_ 1814051430_chapter5.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of BIOLOGI_ 1814051430_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_ 1814051430_appendix.pdf

Download (12MB)

Abstract

Lala Pradita Suci Wulandari, 2022, Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII A SMP Negeri 03 Sepauk. Skripsi, Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Hilarius Jago Duda, S. Si., M. Pd, Pembimbing II: Didin Syafruddin, SP., M. Si.Kata kunci: Meningkatkan, Motivasi, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pendidikan adalah hal yang fundamental dalam totalitas kehidupan, hanya dengan pendidikan yang baik, setiap orang akan mengetahui hak dan kewajiban sebagai individu, kelompok, dan masyarakat serta sebagai makhluk oleh Tuhan. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan motivasi belajar siswa yang sangat kurang. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk memotivasi dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang digunakan oleh penulis yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan pada siklus I dan siklus II yang telah dilakukan oleh peneliti diobservasi guru dimana siklus I mendapatkan persentase sebesar 63% sehingga observasi untuk aktivitas guru harus diperbaiki, pada siklus II obervasi aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu dengan persentase 95%. Sehingga pada siklus 1 dan siklus II peningkatan obsevasi guru yaitu sebesar 79% dengan kategori baik. Analisis motivasi belajar siswa pada siklus 1 mendapatkan 62% dan siklus II mendapatkan 79% sehingga peningkatan motivasi belajar siswa yaitu sebesar 71% dengan kategori baik. Analisis hasil belajar siswa yang didapatkan pada soal tes yang diberikan oleh peneliti, pada siklus I hasil belajar siswa mendapatkan hasil sebesar 30% atau 6 siswa yang tuntas dan 70% atau 14 siswa yang tidak tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan hasil belajar siswa sebesar 75% atau 15 siswa yang tuntas dan 25% atau 5 siswa yang tidak tuntas pada siklus II sehingga peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dan Siklus II sebesar 53% atau meningkat sebanyak 9 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:31
Last Modified: 13 Jun 2025 07:31
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item
View Item