ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI MOODLE (E-LEARNING MOODLE) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA JOSEPH KHATULISTIWA

VERA, PURNAMAWATI (2021) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI MOODLE (E-LEARNING MOODLE) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA JOSEPH KHATULISTIWA. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1713051422_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1713051422_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051422_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1713051422_chapter1.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051422_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1713051422_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051422_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1713051422_chapter3.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051422_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1713051422_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051422_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1713051422_chapter5.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051422_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1713051422_appendix.pdf

Download (6MB)

Abstract

Vera Purnamawati. 2021. Analisis Penggunaan Aplikasi Moodle (E-Learning Moodle) dalam Proses Pembelajaran Daring dan Minat Belajar Siswa di SMA Joseph Khatulistiwa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si, M.Pd. Pembimbing II: Yuniarti Essi Utami, M.Pd.Kata Kunci: Moodle (E-Learning Moodle), Pembelajaran Daring, Minat Belajar.Aplikasi moodle dapat membantu peserta didik supaya termotivasi untuk terus belajar ditengah merebaknya wabah Covid-19. Moodle adalah salah satu software open source e-learning yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan aplikasi moodle dalam pembelajaran daring. Kemudahan dalam penggunaan aplikasi ini yaitu dapat diakses melalui Smartphone. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Joseph Khatulistiwa yang berjumlah 26 orang dan guru mata pelajaran, sedangkan yang menjadi objek adalah penggunaan aplikasi moodle. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi siswa menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi moodle sudah baik, hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa saat pembelajaran telah mencapai 70% dengan kategori tinggi. Hasil analisis angket minat belajar siswa didapatkan hasil rerata persentase sebesar 77,21% dengan kategori kuat, hal ini menunjukkan bahwa siswa memiliki minat belajar yang tinggi dengan menggunakan aplikasi moodle. Terdapat beberapa hambatan dalam penggunaan aplikasi moodle, diantaranya yaitu koneksi jaringan internet yang kurang stabil, kurangnya pemahaman siswa dalam penggunaan aplikasi dan lingkungan belajar siswa yang kurang kondusif. Hasil wawancara guru menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi moodle sangat membantu proses pembelajaran karena fiturnya yang sangat lengkap. Hasil wawancara siswa juga menunjukkan bahwa siswa setuju dengan penggunaan aplikasi moodle selama koneksi internet tidak mengalami gangguan atau koneksi internet baik, karena aplikasi moodle membantu dalam proses pembelajaran secara daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:16
Last Modified: 13 Jun 2025 03:16
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item
View Item