PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 03 SILAT HILIR

Fransiska, Yanti (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 03 SILAT HILIR. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of BILOOGI_2016051460_tittle.pdf] Text
BILOOGI_2016051460_tittle.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of BILOOGI_2016051460_chapter1.pdf] Text
BILOOGI_2016051460_chapter1.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of BILOOGI_2016051460_chapter2.pdf] Text
BILOOGI_2016051460_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[thumbnail of BILOOGI_2016051460_chapter3.pdf] Text
BILOOGI_2016051460_chapter3.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of BILOOGI_2016051460_chapter4.pdf] Text
BILOOGI_2016051460_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[thumbnail of BILOOGI_2016051460_chapter5.pdf] Text
BILOOGI_2016051460_chapter5.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of BILOOGI_2016051460_appendix.pdf] Text
BILOOGI_2016051460_appendix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fransiska Yanti 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Kelas VII SMP Negeri 03 Silat Hilir. skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si.,M.Pd., pembimbing II : Yuniarti Essi Utami, M.Pd. Kata Kunci: Pemecahan masalah siswa, PBL, LKPD, dampak pencemaran bagi kehidupan. Kemampuan memecahkan masalah dapat dipengaruhi oleh faktor internal seperti sikap, bakat minat dan motivasi diri serta faktor eksternal seperti lingkungan belajar dan peran pendidik. Namun berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP 03 Silat Hilir pada kenyataannya masih banyak siswa yang kesulitan dalam memecahkan masalah misalnya pada saat menjawab soal yang sulit dan pertanyaan dari guru.Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa perlu adanya bahan ajar yang kreatif yang mampu melibatkan siswa secara aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis model Problem Base Learning dimana model ini sesuai dengan tahapan proses kemampuan pemecahan masalah. ADDIE yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Bentuk penelitian ini adalah penelitian R & D Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Silat Hilir dengan jumlah 9 orang sebagai uji skala kecil. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini angket validasi dan angket uji keterbacaan. Data yang di telah di peroleh dianalisis menggunakan deskriptif. Berdasarkan uji coba validasi LKPD memenuhi kriteria sangat valid, validasi media dengan rerata 3,65 dengan persentase hasil validasi media 91,27% dengan kriteria sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi, validasi materi dengan rerata 3,69 dengan hasil persentase kevalitan pada ahli materi 92,19% dengan kriteria sangat valid. Adapun keterbacaan media LKPD mendapatkan skor rerata 3,43 dengan hasil uji keterbacaan 85,68% kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis model PBL dengan materi dampak pencemaran bagi kehidupan layak untuk di gunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:42
Last Modified: 13 Jun 2025 02:42
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item
View Item