POTENSI CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SKRIPSI

THERESIA, JUWITA (2021) POTENSI CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SKRIPSI. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of Biologi_1309051269_tittle.pdf] Text
Biologi_1309051269_tittle.pdf

Download (819kB)
[thumbnail of Biologi_1309051269_chapter1.pdf] Text
Biologi_1309051269_chapter1.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Biologi_1309051269_chapter2.pdf] Text
Biologi_1309051269_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[thumbnail of Biologi_1309051269_chapter3.pdf] Text
Biologi_1309051269_chapter3.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of Biologi_1309051269_chapter4.pdf] Text
Biologi_1309051269_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of Biologi_1309051269_chapter5.pdf] Text
Biologi_1309051269_chapter5.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Biologi_1309051269_appendix.pdf] Text
Biologi_1309051269_appendix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Juwita, T. 2021, Potensi Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Haasil Belajar Kognitif Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Yakobus Bustami, S.Si, M.Pd, Pembimbing II: F.R. Esti Wahyuni, S.Si, M.Pd.
Kata kunci: Meta-analisis, Crossword Puzzle, Hasil Belajar Kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi belum ditemukan adanya penelitian lanjutan untuk mengukur besar potensi crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, sehingga peneliti melakukan penelitian studi meta-analisis. Metode dan bentuk penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitia meta-analisis. Data dikumpulkan menggunakan alat pengumpulan data situs jurnal nasional. Data yang dikumpulkan dan dijadikan sampel sebanyak 7 artikel. Sebelum menghitung nilai effect size pada 7 artikel yang dikumpulkan perlu dilihat seberapa baik nilai rata-rata pada kelas kontrol dan kelas ekperimen dari masing masing artikel yang akan dianalisis. Data pembelajaran Crossword Puzzle pada penelitian ini berjumlah total tujuh artikel publikasi ilmiah yang sesuai dengan kriteria penelitian yang dapat dianalisis. Artikel yang memenuhi kriteria dirangkum dalam bentuk coding (pengkodean). Tujuan pengkodean ini guna mempermudah peneliti melakukan analisis pada kumpulan data yang akan dilakukan perhitungan effect size. Setelah peneliti melakukan perhitungan besar pengaruh terhadap data yang dianalisis yaitu berupa jurnal ilmiah, dari masing-masing data yang dianalisis diperoleh 3 data yang termasuk kategori efek sedang, 2 data yang termasuk kategori efek tinggi, serta 2 data yang termasuk kategori sangat tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan rata-rata effect size dari 7 artikel jurnal yang dianalisis mencapai angka 1,14. Rata-rata tersebut menunjukkan bahwa media Crossword Puzzle secara keseluruhan memiliki pengaruh yang sangat tinggi pada hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:31
Last Modified: 13 Jun 2025 02:31
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item
View Item