HILARIA, RAMIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JiRQA BERBASIS KEMAMPUAN AKADEMIK TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 03 SEKADAU HILIR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051461_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051461_tittle.pdf
Download (673kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051461_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051461_chapter1.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051461_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051461_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (204kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051461_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051461_chapter3.pdf
Download (274kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051461_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051461_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051461_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051461_chapter5.pdf
Download (10kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051461_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051461_appendix.pdf
Download (7MB)
Abstract
Hilaria Ramia. 2016051461. Pengaruh Model Pembelajaran JiRQA Berbasis Kemampuan Akademik Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 03 Sekadau Hilir Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Yakobus Bustami, S. Si, M.Pd., Pembimbing II: Benediktus Ege, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran JiRQA, Kemampuan Akademik, Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Penelitian ini di lakukan untuk melihat kemampuan akademik siswa terhadap berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa, pembelajaran disekolah masih di dominasi metode ceramah, tanya jawab, meresume dan masih kurang nya minat membaca siswa. Kegiatan pembelajaran tersebut mengakibatkan cara berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa rendah. Tujuan penelitian mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran JiRQA Berbasis Kemampuan Akademik Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Kelas X SMA Negeri 03 Sekadau Hilir Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Bentuk penelitian quasi eksperimen desain pretest post-test non equivalent kontrol group. Populasi seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Atas 03 Sekadau Hilir yang berjumlah 3 kelas terdiri dari 77 siswa. Sampel penelitian kelas X 2 di SMAN 03 Sekadau Hilir dan kelas kontrol kleas X 3 SMAN 03 Sekadau Hilir. Hasil penelitian proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran JiRQA berjalan dengan baik. JiRQA berpengaruh terhadap berpikir kritis dilihat dari nilai (p:0,001>0,05). JiRQA berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif (p:0,001<0,05. akademik berpenagruh terhadap berpikir kritis siswa dilihat dari nilai (p: 0,001>0,05). Akademik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif nilai (p: 0,002<0,05). Interaksi strategi dengan akademik tidak berpengaruh signifikansi terhadap berpikir kritis (p:0, 050>0,05) interaksi strategi dengan akademik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa (p:0, 002<0,05). Kemsimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran JiRQA terhadap berpikir kritis dan hasil belajar kognitif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:07 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:07 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1334 |