META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

DWI, RAHMATHUL ‘AINI (2021) META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_161251357_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_161251357_tittle.pdf

Download (803kB)
[thumbnail of BIOLOGI_161251357_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_161251357_chapter1.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BIOLOGI_161251357_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_161251357_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[thumbnail of BIOLOGI_161251357_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_161251357_chapter3.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of BIOLOGI_161251357_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_161251357_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of BIOLOGI_161251357_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_161251357_chapter5.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of BIOLOGI_161251357_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_161251357_appendix.pdf

Download (713kB)

Abstract

Aini, D, R. 2020. Meta Analisis Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Proses sains, Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I Dr. Hilarius Jago Duda. S.Si., M.Pd., Pembimbing II. Benediktus Ege. M.Pd Kata Kunci : Meta analisis, POGIL, keterampilan proses sains, pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan penting model process oriented guided inqury learning (POGIL) pada pembelajaran IPA. Penelitian ini termasuk jenis pendekatan kuantitaif dengan metode meta-analisis. Meta-analisis yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran POGIL pada pembelajaran IPA. Sampel analisis adalah sebelas artikel dan skripsi nasional terverifikasi minimal google schoolar yang diterbitkan pada rentang tahun 2015-2020 pada penelitian quasi eksperimen penggunaan model pembelajaran POGIL pada pembelajaran IPA. Instrumen penulisan berupa lembar dokumentasi dibantu dengan lembar pengcodingan yang merangkum data dan informasi jurnal berdasarkan variabel terikat yaitu keterampilan proses sains, pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis berdasarkan jenjang pendidikan dan pesebaran wilayah yang akan dibagi kedalam tiga kategori atau kriteria effect size yaitu dari rentang nilai 0,00-0,09 (efek rendah),dari rentang nilai 0,10-0,25 (efek sedang) dan diatas 0,25 (efek besar). Berdasarkan analisis yang didapat pada variabel keterampilan proses sains harga effect size sebesar 0.637, sedangkan pemahaman konsep sebesar 0,301 dan kemampuan berpikir kritis sebesar 0,432. Selanjutnya berdasarkan jenjang pendidikan SMP effect size yang didapat sebesar 0,568 dan SMA 0,556. Selanjutnya pada wilayah lampung dengan nilai effect size sebesar 0,495, DKI Jakarta dengan nilai 0.771, provinsi Jawa Tengah dengan effecrt size sebesar 0,780 dan Nusa Tenggara Barat dengan 0,037. Selanjutnya berdasarkan analisis nilai secara keseluruhan didapatkan nilai standar deviasi sebesar 0,479 dan rata- rata besar pengaruh (effect size) sebesar 0,486 yang berarti dalam kategori efek besar. Hasil Temuan analisis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari segi jenjang pendidikan, wilayah dan variabel terikat yang digunakan. Disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif digunakan dalam pembelajaran IPA dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam studi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:42
Last Modified: 12 Jun 2025 01:42
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item
View Item