PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN GENDER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ANIMALIA KELAS 10 DI SMA NEGERI 1 SEBERUANG

YUNITA, ANGELA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN GENDER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ANIMALIA KELAS 10 DI SMA NEGERI 1 SEBERUANG. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1915051456_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1915051456_tittle.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1915051456_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1915051456_chapter1.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1915051456_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1915051456_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1915051456_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1915051456_chapter3.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1915051456_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1915051456_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1915051456_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1915051456_chapter5.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1915051456_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1915051456_appendix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yunita Angela. 2023, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Animalia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1 : Dr. Yakobus Bustami, S. Si., M. Pd, Pembimbing 2 : Didin Syafruddin, SP., M. Si Kata Kunci: Berpikir Kritis, Berbasis Masalah, Gender.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran berbasis masalah dan gender terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi animalia kelas 10 di SMA Negeri 1 Seberuang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian yaitu quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi langsung dan Teknik pengukuran. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes kemampuan berpikir kritis dan angket respon siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 10 MIA dan siswa kelas 10 IIS 1 SMA Negeri 1 Seberuang dengan sampel yang digunakan sebanyak 68 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa hal ini ditunjukan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 sedangkan nilai α = 0,05. Hal ini berarti sig. (2-tailed) yaitu 0,000 <0,05. Gender tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa hal ini ditunjukan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,177 sedangkan nilai α = 0,05. Hal ini berarti sig. (2-tailed) > α yaitu 0,539 > 0,05. Sedangkan interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan gender terhadap berpikir kritis siswa terdapat pengaruh yang signifikan yang mana ditunjukan pada nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 sedangkan nilai α = 0,05. Hal ini berarti sig. (2- tailed) yaitu 0,000< 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan gender terhadap berpikir kritis siswa terdapat pengaruh yang signifikan sedangkan gender tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Seberuang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:26
Last Modified: 12 Jun 2025 01:26
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item
View Item