NOVI, LENI ANGGREYANTI (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII DI SMPN 11 SEPAUK TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of Biologi_2016051465_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_2016051465_tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Biologi_2016051465_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_2016051465_chapter1.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of Biologi_2016051465_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_2016051465_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (313kB)
![[thumbnail of Biologi_2016051465_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_2016051465_chapter3.pdf
Download (309kB)
![[thumbnail of Biologi_2016051465_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_2016051465_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (447kB)
![[thumbnail of Biologi_2016051465_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_2016051465_chapter5.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of Biologi_2016051465_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_2016051465_appendix.pdf
Download (9MB)
Abstract
Novi Leni Anggreyanti. 2024, Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII Di SMPN 11 Sepauk Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Yakobus Bustami, S.Si, M.Pd., Pembimbing II: Florentina Rahayu Esti Wahyuni, S.Si.,M.Pd. Kata Kunci : PJBL, Berpikir Kritis, Kemampuan Kognitif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model project based learning terhadap berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa pada materi sistem peredaran darah kelas VIII di SMP Negeri 11 Sepauk. Penyebab rendahnya kemampun berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa dikarenakan proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model project based learning. Bentuk penelitian Desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan sampel yang digunakan sebanyak 45 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, pengukuran, komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data lembar observasi, soal tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis lembar observasi, analisis hasil tes dan analisis hasil angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penggunaan model project based learning terhadap berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa. Hal tersebut terbukti dengan uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed)< α yaitu 0,007 < 0,05. Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model project based learning terhadap berpikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah. Hal tersebut terbukti dengan uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) < α yaitu 0,001 < 0,005. Persentase respon siswa secara keseluruhan terhadap model project based learning mencapai 85,83% yang berkriteria sangat baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa di SMP Negeri 11 Sepauk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 01:58 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 01:58 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1301 |