HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA BERDASARKAN GENDER DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAYAN HULU

ANASTASIA, Anastasia (2022) HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA BERDASARKAN GENDER DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAYAN HULU. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1713051394_Tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1713051394_Tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051394_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1713051394_chapter1.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051394_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1713051394_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051394_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1713051394_chapter3.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051394_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1713051394_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051394_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1713051394_chapter5.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051394_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1713051394_appendix.pdf

Download (3MB)

Abstract

ANASTASIA 2021. Hubungan Gaya Belajar siswa Berdasarkan Gender dengan Prestasi Belajar IPA di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kayan Hulu. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Dr. Hilarius Jago Duda, S. Si, M. Pd. Pembimbing II: F. R. Esti Wahyuni, S. Si, M. Pd. Kata Kunci : Gaya Belajar, Gender, dan Prestasi Belajar IPA. Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan gaya belajar berdasarkan gender dengan prestasi belajar IPA di kelas VIII SMP Negeri 1 Kayan Hulu. Metode dalam penelitian ini adalah metode korelasi pendekatan kuantitatif bentuk penelitian korelasi bivariate. Variabel bebas dalam penelitan ini adalah gaya belajar dan gender dan variabel terikat adalah prestasi belajar IPA. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 siswa sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 14 siswa yang terdiri 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan dokumentasi, alat pengumpulan data yang digunakaan adalah angket dan raport siswa. Analisis menggunakan teknik analisis statistik korelasi. Berdasarkan hasil analisis statistik uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa berdasarkan gender dengan prestasi belajar IPA di kelas VIII SMP Negeri 1 Kayan Hulu. Hasil perhitungan analisis data untuk gender laki-laki gaya belajar auditorial dan prestasi belajar diperoleh nilai sig 0,290 > 0,05. Gaya belajar visual dengan prestasi belajar diperoleh nilai sig -0,094 > 0,05. Gaya belajar kenestetik dan prestasi belajar diperoleh nilai sig 0,539 > 0,05. Hasil perhitungan analisis data untuk gender perempuan gaya belajar auditorial dan prestasi belajar diperoleh nilai sig 0,424 > 0,05. Gaya belajar visual dengan prestasi belajar diperoleh nilai sig 0,947 > 0,05. Gaya belajar kenestetik dan prestasi belajar diperoleh nilai sig 0,269 > 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Jun 2025 01:36
Last Modified: 11 Jun 2025 01:36
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item
View Item