PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL KOGNITIF PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DI KELAS VIII SMP NUSANTARA INDAH SINTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Siti, Hajar (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL KOGNITIF PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DI KELAS VIII SMP NUSANTARA INDAH SINTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1814051444_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1814051444_tittle.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051444_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1814051444_chapter1.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051444_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1814051444_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051444_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1814051444_chapter3.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051444_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1814051444_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051444_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1814051444_chapter5.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051444_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1814051444_appendix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti Hajar. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Kognitif Pada Materi Sistem Gerak Pada Makhluk Hidup Di Kelas VIII SMP Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si.,M.Pd., Pembimbing II : Hendrikus Julung, M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Kognitif, Sistem Gerak Hasil belajar kognitif merupakan salah satu indikator yang diukur dalam proses pembelajaran, namun masih banyak ditemukan hasil belajar kognitif yang di bawah KKM. Hasil belajar kognitif yang belum maksimal dapat diatasi dengan cara menerapkan bahan ajar yang kreatif yang mampu melibatkan siswa secara aktif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKPD berbasis CTL Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di Kelas VIII SMP Nusantara Indah Sintang. Manfaat penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD yang valid dan efektif untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D, yaitu difine, design, development dan desseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nusantara Indah Sintang yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi, soal tes dan angket respon siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan data uji coba kevalidan LKPD yang direvisi sebanyak 2 kali, LKPD memenuhi kategori sangat valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 3,81. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 74,73. Jumlah nilai siswa yang tuntas adalah 13 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 6 orang. Respon siswa lebih dari 50% memberikan respon sangat positif. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis CTL materi sistem gerak efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Jun 2025 01:15
Last Modified: 11 Jun 2025 01:15
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item
View Item