HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 2 BELIMBING DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM SOLVING

Meri, Agustina (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 2 BELIMBING DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM SOLVING. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1814051434_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1814051434_tittle.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051434_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1814051434_chapter1.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051434_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1814051434_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051434_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1814051434_chapter3.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051434_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1814051434_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051434_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1814051434_chapter5.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051434_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1814051434_appendix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Meri Agustina. 2022. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Pokok Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 2 Belimbing dengan Menerapkan Model Problem Solving. Skripsi. Program studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Yakobus Bustami, S. Si, M.Pd., Pembimbing II: Didin Syafruddin, SP, M. Si. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran Problem Solving, Ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Pokok Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 2 Belimbing dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Solving. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu korelasi bivariate. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif pada taraf signifikansi 0,05%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru dan siswa pada pertemuan pertama dan kedua dengan menerapkan model pembelajaran problem solving diperoleh nilai rata-rata 100% dengan kriteria penilaian sangat baik. Hasil kemampuan berpikir kritis dengan menerapkan model pembelajaran problem solving nilai rata-rata 82,95% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar kognitif dengan menerapkan model pembelajaran problem solving dengan nilai rata-rata 77,65% dengan kriteria baik. Hubungan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif berdasarkan perhitungan product moment diperoleh nilai rxy = 0,92>0,05 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel X dan variabel Y. Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif signifikansi 0,000<0,05 untuk kemampuan berpikir kritis dan 0,006<0,05 untuk hasil belajar kognitif yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Sumbangan Kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif sebesar 84,64%. Dapat disimpulkan bahwa tedapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 2 Belimbing dengan menerapkan model pembelajaran problem solving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 10 Jun 2025 03:10
Last Modified: 10 Jun 2025 03:10
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item
View Item