PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP JOSEPH KHATULISTIWA SINTANG

Hiasinta, Romana (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP JOSEPH KHATULISTIWA SINTANG. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1814051426_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1814051426_tittle.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051426_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1814051426_chapter1.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051426_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1814051426_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051426_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1814051426_chapter3.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051426_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1814051426_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051426_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1814051426_chapter5.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1814051426_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1814051426_appendix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hiasinta Romana. 2022, Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) dengan Pendekatan Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Tumbuhan di Kelas VIII SMP Joseph Khatulistiwa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Pembimbing 1: Dr. Yakobus Bustami, S.Si, M.Pd, Pembimbing 2: Hendrikus Julung, M.Pd.Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, RQA Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif sangat berperan penting dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) dengan pendekatan lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa di kelas VIII SMP Joseph Khatulistiwa yang masih rendah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, bentuk penelitian pra-eksperimen. Instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir kritis menggunakan soal esai dan hasil belajar kognitif menggunakan soal pilihan ganda. Data analisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada hasil pretest sebesar 53,40 dan posttest sebesar 71,90. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada hasil pretest sebesar 60,75 dan hasil posttest sebesar 81,25. Peningkatan presentase hasil kemampuan berpikir kritis dari nilai pretest ke posttest sebesar 39,24% dan hasil belajar kognitif siswa dari nilai pretest ke posttest sebesar 59,94%. Nilai probabilitas kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulannya adalah penerapan model Reading, Questioning and Answering (RQA) dengan pendekatan lingkungan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok struktur dan fungsi tumbuhan di kelas VIII SMP Joseph Khatulistiwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:49
Last Modified: 10 Jun 2025 02:49
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item
View Item