HUBUNGAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DENGAN KOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) DI KELAS VIII SMPN 2 AMBALAU PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

HEVIANA, OTAL (2022) HUBUNGAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DENGAN KOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) DI KELAS VIII SMPN 2 AMBALAU PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1713051404_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1713051404_tittle.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051404_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1713051404_chapter1.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051404_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1713051404_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051404_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1713051404_chapter3.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051404_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1713051404_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051404_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1713051404_chapter5.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051404_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1713051404_appendix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Heviana Otal. 2022. Hubungan Keterampilan Metakognisi Dengan Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran RQA Kelas VIII SMPN 2 Ambalau Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Yakobus Bustami, S.Si., M.Pd, Pembimbing II: Didin Syafruddin, SP., M.Si Kata Kunci: Metakognisi, Kognitif, Model RQA, Siswa SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran RQA,(2) nilai rata-rata keterampilan metakognisi, (3) nilai rata-rata kognitif siswa,(4) hubungan keterampilan metakognisi dengan kognitif siswa, (5) kontribusi keterampilan metakognisi terhadap kognitif siswadan, (6) pengaruh model pembelajaran RQA terhadap keterampilan metakognisi dengan kognitif siswa. Metode penelitian kuantitatif deskriptif. Bentuk penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan sampel 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi dan soal tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif pada taraf signifikansi 0,05%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) observasi guru dan siswa pada pertemuan pertama dan kedua dengan menerapkan model pembelajaran RQA diperoleh nilai rata-rata 100% dengan kriteria penilaian sangat baik, (2) Hasil keterampilan metakognisi memperolehnilai rata-rata 84.45% dengan kriteria sangat baik, (3) Kemampuan kognitif memperoleh nilai rata-rata 76.21% dengan kriteria baik, (4) Hubungan keterampilan metakognisi dengan hasil belajar kognitif berdasarkan perhitungan uji t diperoleh nilai thitung 4,801 > ttabel 2,052 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognisi dengan hasil belajar kognitif siswa, (5) Sumbangan keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar kognitif siswa sebesar 46,1%, (6) Pengaruh model pembelajaran RQA terhadap keterampilan metakognisi dengan kognitif siswa berdasarkan uji one sample t-test diperoleh nilai sig 0,000 < α 0,05.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognisi dengan kognitif siswa melalui model pembelajaran RQA dan terdapat pengaruh model pembelajaran RQA terhadap keterampilan metakognisi dengan kognitif siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di SMP Negeri 2 Ambalau tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:22
Last Modified: 10 Jun 2025 02:22
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1268

Actions (login required)

View Item
View Item