ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK PADA KELOMPOK A DI TK PELANGI DESA PELIMPING TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Klara Eta, Cici Widiawati (2024) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK PADA KELOMPOK A DI TK PELANGI DESA PELIMPING TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of PG PAUD_190308070_tittle.pdf] Text
PG PAUD_190308070_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PG PAUD_190308070_chapter1.pdf] Text
PG PAUD_190308070_chapter1.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308070_chapter2.pdf] Text
PG PAUD_190308070_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308070_chapter3.pdf] Text
PG PAUD_190308070_chapter3.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308070_chapter4.pdf] Text
PG PAUD_190308070_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308070_chapter5.pdf] Text
PG PAUD_190308070_chapter5.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308070_appendix.pdf] Text
PG PAUD_190308070_appendix.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of PG PAUD_190308070_appendix.pdf] Text
PG PAUD_190308070_appendix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Klara Eta Cici Widiawati. 2023, Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Pada Kelompok A di TK Pelangi Desa Pelimping Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Suryameng, M.Pd, Pembimbing II: Sarayati, M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Motorik Kasar, Anak TK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktifitas belajar anak di sekolah yang kurang mengarah pada pengembangan motorik kasar anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok A. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 1 orang guru kelompok A, dan 5 orang siswa kelompok A. Penelitian ini
mengunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskritif. Teknik pengumpulan data mengunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah interactive model dari Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) aktivitas yang dilakukan guru dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok A di
TK Pelangi Desa Pelimping tahun pelajaran 2023/2024 yang sudah muncul yaitu seimbang saat berjalan mundur, melempar dan menangkap bola, melambungkan
bola, menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, melakukan gerakan melompat, meloncat dan berlari secara terkoordinasi, 2) Faktor penghambat dan faktor pendukung strategi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok A di TK Pelangi Desa Pelimping tahun pelajaran 2023/2024 yang muncul yaitu faktor pendukung dukungan dari sekolah atau orang tua, fasilitas sarana dan prasarana, emosional anak, dan factor penghambat pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak 3) strategi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak yaitu peniruan (imitation), manipulasi (penggunaan konsep), ketelitian, artikulasi (articulation) dan pengalamiahan (naturalization). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat 5 indikator yang muncul dari 6 indikator aktivitas yang dilakukan guru dalam mengembangkan motorik kasar anak, meskipun masih terdapat factor pendukung dan penghambat, namun guru memiliki strategi dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok A di TK Pelangi Desa Pelimping tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 09 Jun 2025 04:02
Last Modified: 09 Jun 2025 04:02
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item
View Item