PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TAMAN KARYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Enargi, enargi (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TAMAN KARYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of PG PAUD_190308064_Tittle.pdf] Text
PG PAUD_190308064_Tittle.pdf

Download (713kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308064_chapter1.pdf] Text
PG PAUD_190308064_chapter1.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308064_chapter2.pdf] Text
PG PAUD_190308064_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308064_chapter3.pdf] Text
PG PAUD_190308064_chapter3.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308064_chapter4.pdf] Text
PG PAUD_190308064_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308064_chapter5.pdf] Text
PG PAUD_190308064_chapter5.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308064_appendix.pdf] Text
PG PAUD_190308064_appendix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ernagi. 2023. ―Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Melalui Media Flashcard Pada Anak Kelompok A Di TK Taman Karya Tahun Pelajaran 2022/2023.‖ Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil.,M.Psi.
Pembimbing II: Sudarto, M.Pd. Kata Kunci: Meningkatkan Bahasa Indonesia, Media Flashcard Penelitian ini dilakukan karena kurangnya guru menggunakan media flashcard dan kurangnya guru menggunakan bahasa Indonesia ketika anak belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Penggunaan media flashcard pada anak kelompok A di TK Taman Karya, 2) Peningkatan kemampuan berbahasa indonesia anak kelompok A TK Taman Karya, 3) Respon siswa kelompok A TK Taman Karya. Narasumber dalam penelitian ini siswa kelompok A di TK Taman Karya yang terdiri dari 8 anak. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang terdiri dari data collection, display, reduction dan conclusions. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Hasil observasi aktivitas guru siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,45%, dan hasil observasi aktivitas siswa siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,67%(2) Terdapat peningkatan kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelompok A di TK Taman Karya melalui media flashcard. Hasil
peningkatan berbahasa Indonesia siklus I diperoleh nilai rata-rata 62% sedangkan siklus II meningkat menjadi 86,62%. Pada siklus I ketuntasan klasikal bahasa Indonesia siswa 62,5% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5% sehingga mengalami peningkatan sebesar 24,62%. (3) Respon siswa dalam pembelajaran menggunakan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia pada siswa kelompok A di TK Taman Karya Tahun Pelajaran 2022/2023 siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran menggunakan media flashcard hal ini diperkuat oleh hasil wawancara guru yang menyatakan anak tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan media flashcard. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sudah menggunakan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia pada anak kelompok A di TK Taman Karya Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 09 Jun 2025 01:32
Last Modified: 09 Jun 2025 01:32
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item
View Item