YUNITA, ATING (2022) ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI PAUD TINAN MUNDI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of PG-PAUD_180208054_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208054_tittle.pdf
Download (647kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208054_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208054_chapter1.pdf
Download (312kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208054_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208054_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (325kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208054_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208054_chapter3.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208054_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208054_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (585kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208054_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208054_chapter5.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208054_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208054_appendix.pdf
Download (1MB)
Abstract
Yunita Ating. 2022. Analisis Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B Di PAUD Tinan Mundi Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi PG- PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Sudarto, M.Pd, Pembimbing II: Suryameng, M.Pd Kata kunci: Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini, Pengertian Anak Usia Dini Permasalahan yang terjadi pada perkembangan kognitif ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman anak dalam mengenal dan memahami pola, simbol dari huruf dan bilangan. Selain itu anak juga masih kurang dalam membedakan warna yang hampir memiliki warna yang sama. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan perkembangan kognitif anak kelompok B; (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak dan; (3) mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi permasalahan pada perkembangan kognitif anak. Narasumber yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang terdiri dari 1 orang guru kelas, 4 orang tua siswa dan 4 orang siswa kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan kognitif anak terdiri dari 3 indikator yang dibagi menjadi 17 sub indikator, ada 3 sub indikator yang mulai berkembang diantaranya yaitu mengenal pola ABCD, menggunakan bilangan untuk menghitung dan mengenal berbagai huruf vokal dan konsonan; (2) faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak yaitu faktor lingkungan dan; (3) upaya guru dalam mengatasi permasalahan perkembangan kognitif anak yaitu guru selalu memberikan kesempatan kepada anak untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, melatih anak dalam minatnya dan memberikan berbagai kegiatan yang dapat memunculkan kreativitas anak. kesimpulannya yaitu perkembangan kognitif anak kelompok B di PAUD Tinan Mundi Sudah berkembang sangat baik dan sesuai harapan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 07:59 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 07:59 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1240 |