Natalia, Murniyanti (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYEDIAAN FASILITAS PEMBELAJARAN (STUDI KASUS PADA KELOMPOK B DI TK RAJAWALI SINTANG) TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of PG-PAUD_180208040_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208040_tittle.pdf
Download (813kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208040_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208040_chapter1.pdf
Download (477kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208040_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208040_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (340kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208040_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208040_chapter3.pdf
Download (202kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208040_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208040_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (511kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208040_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208040_chapter5.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208040_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208040_appendix.pdf
Download (2MB)
Abstract
Natalia Murniyanti, 2022. Peran Kepala Sekolah dalam Penyeddiaan Fasilitas Pembelajaran (Studi Kasus pada Kelompok B di TK Rajawali Sintang) Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi PG- PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Fransiska, S. Psi., M.Pd, Pembimbing II: Adpriyadi., M.Pd.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Penyediaan Fasilitas Pembelajaran Kepala sekolah dalam menjalankan perannya perlu menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik. Salah satunya yaitu, dengan mengupayakan tersedianya berbagai macam fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaran anak usia dini secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peran kepala sekolah dalam penyediaan fasilitas pembelajaran pada kelompok B di TK Rajawali Sintang, (2) Prasarana PAUD yang mendukung pembelajaran pada kelompok B di TK Rajawali Sintang, (3) Upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk penyediaan fasilitas pembelajaran pada kelompok B di TK Rajawali Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran kepala sekolah dalam penyediaan fasilitas pembelajaran pada kelompok B yang paling menonjol adalah sebagai inovator. Hal ini ditunjukan dengan adanya perubahan suasana TK, penambahan guru dan staf serta penambahan saran dan prasarana. 2) Prasarana PAUD yang mendukung pembelajaran pada kelompok B yaitu ada 7 yang memenuhi standar dan ada 3 yang tidak memenuhi standar. 3) Upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk penyediaan fasilitas pembelajaran yaitu, pemilihan, pengadaan, inventarisasi, penataan, penggunaan, perawatan dan penghapusan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah TK Rajawali Sintang menjalanan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin sehingga sebagian besar fasilitas pembelajaran di TK Rajawali Sintang sudah memenuhi standar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 07:31 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 07:31 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1235 |