PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS XI TJKT SMK NEGERI 1 SUNGAI TEBELIAN

Nusi, Fatriotis (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS XI TJKT SMK NEGERI 1 SUNGAI TEBELIAN. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of komputer_200309061_tittle.pdf] Text
komputer_200309061_tittle.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of komputer_200309061_chapter1.pdf] Text
komputer_200309061_chapter1.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of komputer_200309061_chapter2.pdf] Text
komputer_200309061_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[thumbnail of komputer_200309061_chapter3.pdf] Text
komputer_200309061_chapter3.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of komputer_200309061_chapter4.pdf] Text
komputer_200309061_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[thumbnail of komputer_200309061_chapter5.pdf] Text
komputer_200309061_chapter5.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of komputer_200309061_appendix.pdf] Text
komputer_200309061_appendix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nusi Fatriotis.2024. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas XI TJKT SMK Negeri 1 Sungai Tebelian.Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1:Anyan, M,Kom. Pembimbing Ke 2: Yayan Adrianova Eka Tuah, S.Kom.,M.Pd. Kata Kunci:Media Pembelajaran Interaktif,Articulate Storyline,Motivasi Belajar.Latar belakang penelitian ini adalah proses penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline yang masih kurang kreatif sehingga siswa sulit menerima materi pembelajaran, yang mengakibatkan redahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline tersebut dalam menigkatkan motivasi belajar siswa, dengan fokus pada aspek partisipasi aktif dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, design, develompment, implementasi,evaluasi) dengan prosedura: tahap analisis, tahap desain, tahap Development (Pengembangan), tahap implementasi dan tahap evaluasi. Alat pengumpulan data berupa soal tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil validasi ahli media mendapatkan hasil 82% dengan kategori sangat layak, dan penilaian dari ahli materi 100% dengan kategori sangat layak. dan hasil pre-test 60,5% menunjukan pemahaman yang baik terhadap materi. Hasil motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan dapat dilihat dari hasil pretest pada uji coba skala kecil rata-rata 60,5% mengindikasi kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman siswa secara keseluruhan, dan posttest 85,5% dengan kategori sangat baik , dan uji coba skala luas mendapatkan hasil rata-rata pretest 67,2% mengindikasi kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman siswa secara keseluruhan,dan hasil posttest 88.67% dengan kategori sangat baik. efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mendapatkan nilai perhitungan effect size yaitu 1,30 dengan kategori ―Sangat Tinggi‖ Implikasi penelitian ini dapat mendorong pengembangan kebijakan pendidikan yang mendukung integrasi teknologi dalam pembelajaran di sekolah menengah. Dengan mempertimbangkan hasil positif dari penggunaan media interaktif, kebijakan pendidikan dapat mempromosikan pengembangan kompetensi digital siswa serta meningkatkan aksesibilitas terhadap teknologi dalam proses pembelajaran.Harapannya dengan adanya penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline ini mampu membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembembelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:01
Last Modified: 04 Jun 2025 07:01
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item
View Item