HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SINAR MENTARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Magdelena, novia nadila (2023) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SINAR MENTARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of PG PAUD_180208035_tittle.pdf] Text
PG PAUD_180208035_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PG PAUD_180208035_Chapter1.pdf] Text
PG PAUD_180208035_Chapter1.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of PG PAUD_180208035_Chapter2.pdf] Text
PG PAUD_180208035_Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[thumbnail of PG PAUD_180208035_Chapter3.pdf] Text
PG PAUD_180208035_Chapter3.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of PG PAUD_180208035_Chapter4.pdf] Text
PG PAUD_180208035_Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[thumbnail of PG PAUD_180208035_Chapter5.pdf] Text
PG PAUD_180208035_Chapter5.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of PG PAUD_180208035_appendix.pdf] Text
PG PAUD_180208035_appendix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Magdalena Novia Nadila, 2022. Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Sinar Mentari Tahun
Pelajaran 2021/2022, Skripsi, Program Studi PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Suryameng, M.Pd, Pembimbingan II: Yohanes Berkhmas
Mulyadi, S.Fil., M.Psi Kata Kunci : Pola Asuh Demokratis, Perkembangan Sosial Emosional Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang terjadi di lapangan yaitu sekolah TK Sinar Mentari. Adanya kemampuan sosial emosional yang dimiliki Anak berbeda-beda serta cara penerapan pola asuh demokratis yang tentunya tidak sama dari setiap orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pola asuh demokratis yang diterapkan oleh orang tua, (2) bagaimana perkembangan social emosional anak usia 5-6 tahun di TK Sinar Mentari, (3) dan untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Sinar Mentari. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode kuantitatif dan bentuk penelitian adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yaitu 20 orang tua dan 20 orang siswa TK Sinar Mentari. Teknik pengambilan sampel dengan Sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pola asuh demokratis yang orang tua terapkan sangat baik dilihat dari hasil perolehan nilai angket sebesar 1569 dengan rata-rata 92,29% termasuk dalam kategori sangat baik, (2) perkembangan social emosional anak usia 5-6 tahun di TK Sinar Mantari adalah sangat baik dilihat dari hasil perolehan nilai angket sebesar 1617 dengan rata-rata 89,83% termasuk dalam kategori sangat baik, (3) terdapat hubungan yang signifikan anatra pola asuh demokratis dengan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dengan nilai rhitung 0,600 > rhitung 0,44 dan nilai signifikansinya 0,005 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:19
Last Modified: 04 Jun 2025 03:19
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item
View Item