ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP KESADARAN MENAATI TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA DI SMP NEGERI 5 KETUNGAU HILIR TAHUN AJARAN 2023/2023

Jekky, Henri Jekky (2024) ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP KESADARAN MENAATI TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA DI SMP NEGERI 5 KETUNGAU HILIR TAHUN AJARAN 2023/2023. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of cover-daftar isi.docx] Text
cover-daftar isi.docx

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1.docx] Text
BAB 1.docx

Download (29kB)
[thumbnail of BAB II.docx] Text
BAB II.docx

Download (71kB)
[thumbnail of BAB III.docx] Text
BAB III.docx

Download (136kB)
[thumbnail of BAB IV.docx] Text
BAB IV.docx

Download (937kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-lampiran.docx] Text
DAFTAR PUSTAKA-lampiran.docx

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.docx] Text
BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK
Henri Jekky. 2024, Analisis Dampak Pembelajaran PPKn Terhadap Kesadaran Menaati Tata Tertib Sekolah Pada Siswa di SMP Negeri 5 Ketungau Hilir Tahun Ajaran 2023/20224. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraann STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Pembimbing I : Mardawani, M.Pd., Pembimbing II : Agnesia Hartini, SH,. LL. M.

Kata Kunci: Dampak Pembelajaran PPKn, Kesadaran Menaati Tata Tertib Sekolah.
Pentingnya kesadaran siswa dalam menaati tata tertib sekolah tidak hanya berkaitan dengan aspek keamanan dan keteraturan lingkungan belajar, tetapi juga memiliki implikasi yang lebih luas dalam pembentukan karakter dan sikap hidup siswa. Siswa yang memiliki kesadaran yang tinggi terhadap tata tertib sekolah cenderung lebih displin, bertanggung jawab, dan mampu menghargai aturan-aturan yang ada, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran PPKn dalam kaitannya dengan kesadaran menaati tata tertib sekolah di SMP Negeri 5 Ketungau Hilir. Penelitian ini menggunkan metode dengan bentuk kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Proses pembelajaran yang dilaksanakan guru selama ini masih ada sebagian yang mengalami kendala, termasuk yang dialami guru PKn, sehingga perlu ada aksi atau tindakan sebagai masukan untuk mengurangi kelemahan tersebut. Hal yang dapat dilakukan selain motivasi belajar dari siswa juga dari orang tua serta sarana-prasarana, dan yang tidak kalah pentingnya adalah pihak guru mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga sampai pada evaluasi. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berperan penting dalam meningkatkan kesadaran siswa untuk menaati tata tertib sekolah khususnya pada siswa di SMP Negeri 5 Ketungau Hilir. Berikut adalah yang termasuk kedalam dampak positif pada pembelajaran PKn bahwa Melalui pembelajaran PPKn, siswa belajar tentang nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, dan ketertiban. Ini mendorong siswa untuk mematuhi aturan sekolah demi terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan melihat pentingnya kesadaran siswa terhadap tata tertib sekolah, kajian mengenai dampak pembelajaran PPKn menjadi semakin relevan. Pembelajaran PPKn yang efektif diharapkan dapat membentuk karakter siswa secara holistik, termasuk dalam aspek kedisiplinan dan kepatuhan terhadap aturan-aturan yang berlaku. Di dalam setiap aturan yang berlaku harus ada yang namanya sanksi, tujuan dari sanksi ini adalah untuk memberikan efek jera kepada siswa agar tidak melakukan pelanggaran yang sama. Sanksi tersebut dapat diberikan secara tertulis atau lisan. Dengan adanya sanksi siswa memiliki tanggung jawab terhadap kewajiban sebagai pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Henri Jekky
Date Deposited: 10 Jul 2025 09:12
Last Modified: 10 Jul 2025 09:12
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1187

Actions (login required)

View Item
View Item