Items where Author is "Tuti, Tuti"

Group by: Item Type | No Grouping
Jump to: Article
Number of items: 10.

Article

Ilinawati, Ilinawati and Tuti, Tuti and erdinanda, Itu Meo (2023) HAND PUPPETSEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA TK & SD BETHELIlinawati, Tuti, Ferdinanda Itu MeoSTKIP Persada Khatulistiwaselvinilina@gmail.com, tutiidris10@gmail.com, nandaazee@gmail.comABSTRAKHand Puppetmerupakan salah satu media atau alat bantu guru yang dapat digunakan untuk merangsang atau memotivasi siswa untuk berbicara. Boneka Tangan ini merupakan tiruan manusia atau tokoh tertentu yang sangat familiar bagi anak usia sekolah dasar. Penggunaan boneka ini sebenarnya sangat sederhana dengan memainkan karakter boneka tersebut dalam percakapan singkat dengan siswa. Dalam hal ini, siswa secara otomatis terlibat langsung dalam praktik berbicara. Dalam hal ini boneka merupakan alat atau media pembelajaran yang dianjurkan untuk digunakan dalam merangsang psikomotorik anak. Tujuan penggunaan media boneka ini adalah agar siswa dapat belajar berbicara dengan menganggap bahwa boneka tangan adalah bagian dari lawan bicara dalam percakapan singkat. Oleh karena itu, siswa dapat belajar tentang istilah atau kosa kata baru, serta dapat memahami arah pembicaraan dan menanggapi pembicara.Kata Kunci : Hand puppet,berbicara,anak usia diniABSTRACTPuppet is one of the media or teacher aids that can be used to stimulate or motivate students to speak. These Hand Puppets are human imitations or certain characters that are very familiar to elementary school-aged children. This doll’s use isvery simple playing the doll character in a short conversation with students. In this case, students are automatically directly involved in speaking practice. In this case,the doll is a tool or learning media recommended forstimulating children’spsychomotor. The purpose of using this puppet media is that students can learn to speak by assuming that hand puppets are part of the interlocutor in a short conversation. Therefore, students can learn about new terms or vocabulary, understand speech’s direction,and respondto speakers.Keywords:Hand puppet, speaking, school -aged childrenPENDAHULUAN Pendidikan merupakan sarana formal untuk membantu peserta didik agar dapatmenumbuhkembangkanpotensi-potensiyangadapadadirinya.MenurutUUSISDIKNAS No.20 tahun 2003, pendidikan adalah sebuah usaha sadar dan terencanauntuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secaraaktifdapatmengembangkanpotensiyangadapadadirinyaagardapatmemilikikekuatanspiritualkeagamaan,pengendaliandiri,kepribadian,kecerdasan,akhlakmulia, serta keterampilan yang diperlukanpada dirinya dan masyarakat. Pendidikansangatberperanpentingdalammeningkatkanberbagaiketerampilanpadapesertadidik. Anak usia dini dan anak usia sekolah dasar mempunyai rentang usia dari 1 –12tahun, dimana pada usia ini tahap pertumbuhan dan perkembangan paling pesat baikdari segi fisik maupun mentalnya. Dalam hal ini, perkembangan psikomotorik anakjugasangat bergantungpadalingkungandan sekolah tempat siswatersebutdi didik.Guru mempunyai peranan penting dalam memotivasi siswa untuk merangsangpsikomotorik anak terutama dalam kemampuan berbicara. Aktivitas berbahasa keduayang dilakukanmanusiadalam kehidupanberbahasasetelahmendengarkanadalahberbicara(Nurgiyantoro,2010:399).MenurutDjiwandono(2008:118),denganmengungkapkanapayangdipikirkan,seseorang dapat. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM). ISSN 2722-0044

Tuti, Tuti and Sijono, Sijono and Henry, Elisa and Selvina, Semu Meko (2023) HE ROLE OF REAP (READ, ENCODE, ANNOTE, AND PONDER) TECHNIQUE IN TEACHING READING COMPREHENSION AT ONE STATE SENIOUR HIGH SCHOOL OF SINTANG. Journal of English Educational Study. ISSN 2655-0776

Tuti, Tuti and Sijono, Sijono and Selvina, Semu Meko (2023) THE ROLE OF REAP (READ, ENCODE, ANNOTE, AND PONDER) TECHNIQUE IN TEACHING READING COMPREHENSION AT ONE STATE SENIOUR HIGH SCHOOL OF SINTANG. Journal of English Educational Study. ISSN 2655-0776

Tuti, Tuti and Sijono, Sijono and Henry Elisa, Henry Elisa (2023) THE USE OF NINJA APPS GAME TO ENRICH THE STUDENT'S WORDSTOCK. EJI (English Journal of Indragiri):. ISSN 2549-2144, 2589-5140

Tuti, Tuti and Ilinawat, Ilinawat and Edy, Saputra (2022) AN ERROR ANALYSIS IN WRITING RECOUNT TEXT AT SMPN 02 SEPAUK. INOVISH JOURNAL, Vol. 7, No. 1, June 2022. ISSN 2528-3804, 2621-7295

Tuti, Tuti and Ilinawati, Ilinawati (2022) Scrabble Game: Boosting Vocabulary Mastery of English Foreign Language (EFL) Students. Journal of English Education and Teaching (JEET). ISSN 2622-5867, 2685-743x

Ferdinanda, Itu Meo and Tuti, Tuti and Ilinawat, Ilinawat (2021) GADGET UTILITY USED BY ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS FOR ONLINE LEARNING. Journal of English Educational Study (JEES). ISSN 2655-0776

Henry, Elisa and Tuti, Tuti (2020) AN EVALUATION OF THE USE OF FLASHCARD FOR TEACHING VOCABULARY AT KINDERGARTENS IN SINTANG. Journal of Education, Teaching, and Learning.

Tuti, Tuti (2019) METHOD AND MEDIA USED IN TEACHING VOCABULARY AT TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN ACADEMIC YEAR 2012-2013 YOGYAKARTA. Journal of English Educational Study. ISSN 2655-0776

Henry, Elisa and Tuti, Tuti (2017) AN EVALUATION OF THE USE OF FLASHCARD FOR TEACHING VOCABULARYAT KINDERGARTENS IN SINTANG. Journal of Education, Teaching, and Learning is licensed under.

This list was generated on Thu Nov 21 22:56:02 2024 WIB.