Number of items: 10.
Article
    Ilinawati, Ilinawati and Tuti, Tuti and erdinanda, Itu Meo
  
(2023)
HAND PUPPETSEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA TK & SD BETHELIlinawati, Tuti, Ferdinanda Itu MeoSTKIP Persada Khatulistiwaselvinilina@gmail.com, tutiidris10@gmail.com, nandaazee@gmail.comABSTRAKHand  Puppetmerupakan  salah  satu  media  atau  alat  bantu  guru  yang  dapat digunakan untuk merangsang atau memotivasi siswa untuk berbicara. Boneka Tangan  ini  merupakan  tiruan  manusia  atau  tokoh tertentu  yang  sangat familiar  bagi  anak  usia  sekolah  dasar.  Penggunaan  boneka  ini  sebenarnya sangat   sederhana   dengan   memainkan   karakter   boneka   tersebut   dalam percakapan  singkat  dengan  siswa.  Dalam  hal  ini,  siswa  secara  otomatis terlibat langsung dalam praktik berbicara. Dalam hal ini boneka merupakan alat  atau  media  pembelajaran  yang  dianjurkan  untuk  digunakan  dalam merangsang psikomotorik anak. Tujuan penggunaan media boneka ini adalah agar siswa dapat belajar berbicara dengan menganggap bahwa boneka tangan adalah bagian dari lawan bicara dalam percakapan singkat. Oleh karena itu, siswa dapat belajar tentang istilah atau kosa kata baru, serta dapat memahami arah pembicaraan dan menanggapi pembicara.Kata Kunci : Hand puppet,berbicara,anak usia diniABSTRACTPuppet is one of the media or teacher aids that can be used to stimulate or motivate  students  to  speak.  These  Hand  Puppets  are  human  imitations  or certain characters that are very familiar to elementary school-aged children. This  doll’s  use  isvery  simple playing  the  doll  character  in  a  short conversation with students. In this case, students are automatically directly involved in speaking practice. In this case,the doll is a tool or learning media recommended forstimulating children’spsychomotor. The purpose of using this puppet media is that students can learn to speak by assuming that hand puppets  are  part  of  the  interlocutor  in  a  short  conversation.  Therefore, students  can  learn  about  new  terms  or  vocabulary,  understand  speech’s direction,and respondto speakers.Keywords:Hand puppet, speaking, school -aged childrenPENDAHULUAN Pendidikan    merupakan    sarana    formal    untuk    membantu    peserta    didik    agar    dapatmenumbuhkembangkanpotensi-potensiyangadapadadirinya.MenurutUUSISDIKNAS  No.20 tahun 2003, pendidikan adalah sebuah usaha sadar dan terencanauntuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secaraaktifdapatmengembangkanpotensiyangadapadadirinyaagardapatmemilikikekuatanspiritualkeagamaan,pengendaliandiri,kepribadian,kecerdasan,akhlakmulia,   serta   keterampilan   yang  diperlukanpada  dirinya  dan  masyarakat. Pendidikansangatberperanpentingdalammeningkatkanberbagaiketerampilanpadapesertadidik. Anak usia dini dan anak usia sekolah dasar mempunyai rentang usia dari 1 –12tahun, dimana pada usia ini tahap pertumbuhan dan perkembangan paling pesat baikdari segi fisik maupun mentalnya. Dalam  hal  ini,  perkembangan  psikomotorik  anakjugasangat  bergantungpadalingkungandan sekolah tempat siswatersebutdi didik.Guru  mempunyai  peranan penting dalam  memotivasi  siswa untuk  merangsangpsikomotorik anak terutama dalam kemampuan berbicara. Aktivitas berbahasa keduayang dilakukanmanusiadalam kehidupanberbahasasetelahmendengarkanadalahberbicara(Nurgiyantoro,2010:399).MenurutDjiwandono(2008:118),denganmengungkapkanapayangdipikirkan,seseorang  dapat.
    Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM).
    
     ISSN 2722-0044
  
  
    Tuti, Tuti and Sijono, Sijono and Henry, Elisa and Selvina, Semu Meko
  
(2023)
HE ROLE OF REAP (READ, ENCODE, ANNOTE, AND PONDER)
TECHNIQUE IN TEACHING READING COMPREHENSION AT ONE STATE SENIOUR HIGH SCHOOL OF SINTANG.
    Journal of English Educational Study.
    
     ISSN 2655-0776
  
  
    Tuti, Tuti and Sijono, Sijono and Selvina, Semu Meko
  
(2023)
THE ROLE OF REAP (READ, ENCODE, ANNOTE, AND PONDER) TECHNIQUE IN TEACHING READING COMPREHENSION AT ONE STATE SENIOUR HIGH SCHOOL OF SINTANG.
    Journal of English Educational Study.
    
     ISSN 2655-0776
  
  
    Tuti, Tuti and Sijono, Sijono and Henry Elisa, Henry Elisa
  
(2023)
THE USE OF NINJA APPS GAME TO ENRICH THE STUDENT'S WORDSTOCK.
    EJI (English Journal of Indragiri):.
    
     ISSN 2549-2144, 2589-5140
  
  
    Tuti, Tuti and Ilinawat, Ilinawat and Edy, Saputra
  
(2022)
AN ERROR ANALYSIS IN WRITING RECOUNT TEXT
AT SMPN 02 SEPAUK.
    INOVISH JOURNAL, Vol. 7, No. 1, June 2022.
    
     ISSN 2528-3804, 2621-7295
  
  
    Tuti, Tuti and Ilinawati, Ilinawati
  
(2022)
Scrabble Game: Boosting Vocabulary Mastery of English Foreign Language (EFL) Students.
    Journal of English Education and Teaching (JEET).
    
     ISSN 2622-5867, 2685-743x
  
  
    Ferdinanda, Itu Meo and Tuti, Tuti and Ilinawat, Ilinawat
  
(2021)
GADGET UTILITY USED BY ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
FOR ONLINE LEARNING.
    Journal of English Educational Study (JEES).
    
     ISSN 2655-0776
  
  
    Henry, Elisa and Tuti, Tuti
  
(2020)
AN EVALUATION OF THE USE OF FLASHCARD FOR TEACHING VOCABULARY
AT KINDERGARTENS IN SINTANG.
    Journal of Education, Teaching, and Learning.
    
    
  
  
    Tuti, Tuti
  
(2019)
METHOD AND MEDIA USED IN TEACHING VOCABULARY AT TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN ACADEMIC YEAR 2012-2013 YOGYAKARTA.
    Journal of English Educational Study.
    
     ISSN 2655-0776
  
  
    Henry, Elisa and Tuti, Tuti
  
(2017)
AN EVALUATION OF THE USE OF FLASHCARD FOR TEACHING VOCABULARYAT KINDERGARTENS IN SINTANG.
    Journal of Education, Teaching, and Learning is licensed under.
    
    
  
  
This list was generated on Fri Oct 31 11:15:06 2025 WIB.