KELAYAKAN BUKU AJAR MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA SD BAGI MAHASISWA PGSD

Nelly, Wedyawati and Yasinta, Lisa (2018) KELAYAKAN BUKU AJAR MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA SD BAGI MAHASISWA PGSD. Jurnal Pendidikan. ISSN 2407-1803

[thumbnail of admin,+{$userGroup},+2+Nelly+dan+Yasinta.pdf] Text
admin,+{$userGroup},+2+Nelly+dan+Yasinta.pdf

Download (436kB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui kelayakan dan efektivitas bukuajar pembelajaran IPA SD untuk mahasiswa PGSD. Indikator kelayakan pakar Pembelajaran; isi, penyajian,dan kebahasaan. Indikator kelayakan pakar media; ukuran bukuajar, desain cover,dan desain isi. Indikator kelayakan dosen adalah kejelasan, kesesuaian dengan kurikulum, keutuhan penerimaan, pengaruh produk, ketepatan waktu dan kepraktisan. Tahapan penelitian R&D; studi pendahuluan, perancangan produk, validasi pakar, implementasi produk dan sosialisasi. Alat pengumpul data; angket, soal tes,dandokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan hitungan persentase.Data kuantitatif diujiprasyaratkan dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan produk sangat baik (96,1), penilaian dari pengguna buku sangat baik (90,1). Hasil implementasi menunjukkan sebaran data normal dan tidak homogen. Sehingga uji hipotesis menggunakan uji non parametrik diperoleh nilai p-level(0.000) < alphaartinya adapengaruh penggunaan produk terhadap hasil belajar. Rata-rata hasil belajar sangat baik(95,31). Kesimpulannya bahwa buku ajar mata kuliah pembelajaran IPA di SD sudah layak dan efektif untuk diimplementasikan.Kata Kunci:buku ajar, pembelajaran IPA, mahasiswa, PGSD.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: magang
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:10
Last Modified: 03 Jun 2025 07:10
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item
View Item