Dessy, Triana Relita and Anna, Marganingsih and Utari Ilhayati, Ningsih (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. RESEARCH ARTICLE. ISSN 2356-138
garuda2593650.pdf
Download (392kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa yang belum berkembang
secara maksimal dalam proses pembelajaran. Selama ini, pelaksanaan pembelajaran didominasi
dengan penggunaan metode ceramah yang kegiatannya lebih terpusat pada guru. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent
Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan jumlah 68 siswa.
Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, angket, dan
dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) pelaksanaan
pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil sangat baik, memerlukan
persiapan yang matang, dan didukung dengan interaksi yang baik antara guru dan siswa.
Pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengukuran akhir (posttest) ditunjukkan
dengan z hitung > z tabel atau 2,30 > 1,96 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Hasil
angket respon siswa setelah dilakukan pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata 90,66% dengan
kategori sangat kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson
dapat diterapkan sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 01
Menukung.
Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Peer Lessons, Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with username user1 |
Date Deposited: | 28 Jun 2023 02:44 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 02:44 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/482 |