PELATIHAN KETERAMPILAN BERBICARA

Sri, Astuti and Herpanus, Herpanus (2022) PELATIHAN KETERAMPILAN BERBICARA. [JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM). ISSN P-ISSN: 2615-0921, E-ISSN: 2622-6030

[thumbnail of 1.pdf] Text
1.pdf

Download (378kB)

Abstract

Kegiatan pelatihan dilaterbelakangi rendahanya keterampilan siswa berkomunikasi dengan sopan. Siswa lebih banyak menggunakan telpon genggam dari pada komunikasi langsung dengan lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada siswa agar terampil berkomunikasi secara sopan di lingkungan sosialnya. Metode yang digunakan adalah memberikan pelatihan prinsip-prinsip kesopanan dalam komunikasi terutama komunikasi kepada siswa SMP Nusantara Indah Sintang. Hasil yang diperoleh setelah kegiatan ini dilakukan, siswa lebih terampil berkomunikasi secara sopan. Faktor penyebab kurangnya keterampilan berkomunikasi secara sopan, yaitu kurangnya pengetahuan siswa tentang prinsip-prinsip kesopanan dalam berkomunikasi, kurangnya kesadaran orang
tua akan pendidikan di lingkungan keluarga, dan kurangnya pendidikan orang tua. Faktor ekonomi yang memaksa orang tua lebih fokus mencari nafkah dan kurang memperhatikan pendidikan anak, kemajuan ilmu pengetahuan yang menyebabkan anak diberi fasilitas yang dapat mengakses segala sesuatu dengan bebas tanpa kontrol orang tua, anal lebih banyak menggunakan telepon genggam sehingga kurangnya interaksi langsung/komunikasi langsung dengan orang tua. Dapat disimpulkan bahwa setelah mendapatkan pelatihan keterampilan berbicara, siswa lebih terampil dalam komunikasi dengan mengedapankan prinsip-prinsip kesopanan, baik berbicara dengan sesame siswa, berbicara kepada guru, serta berbicara dilingkungan tempat tinggalnya.

Kata Kunci: Kesopanan, Komunikasi, Pelatihan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 28 Jun 2023 02:42
Last Modified: 28 Jun 2023 02:42
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item
View Item