Antonius Edy, Setyawan and Anyan, Anyan (2022) EVALUASI KEBERHASILAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) STKIP PERSADA KHATULISTIWA MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN. JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN. ISSN 2580 – 1058
1877-6610-1-PB.pdf
Download (971kB)
Abstract
Sebuah sistem informasi yang telah digunakan perlu dievaluasi agar dapat dilihat tingkat capaian keberhasilannya. Sudah satu tahun akademik Learning Management System (LMS) STKIP Persada Khatulistiwa digunakan, namun belum dapat dilihat capaian keberhasilan implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan Learning Management System di STKIP Persada Khatulistiwa dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi Delone & Mclean. Faktor-faktor yang dievaluasi pada penelitian ini yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi kuantitatif dangan sampel sebanyak 100 responden mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa yang berasal dari 9 prodi yang berbeda. Alat pengumpul data penelitian menggunakan kuesioner dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data dianalisis menggunakan software Smart PLS 3.0 untuk menguji outer model dan inner model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna sebesar 80,2%, variabel kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap manfaat bersih sebesar 77,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, untuk meningkatkan kesuksesan Learning Management System STKIP Persada Khatulistiwa perlu meningkatkan kualitas sistem sehingga memberikan kepuasan dan manfaat bagi pengguna.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with username user1 |
Date Deposited: | 28 Jun 2023 02:29 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 02:29 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/475 |