ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SUB TEMA TUGASKU SEBAGAI UMAT BERAGAMA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 06 SETAPANG LAUT KETUNGAU HILIR

Gabriel, Serani and Ursula Dwi, Oktaviani (2020) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SUB TEMA TUGASKU SEBAGAI UMAT BERAGAMA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 06 SETAPANG LAUT KETUNGAU HILIR. JURNAL KANSASI Volume 5, Nomor 1, April 2020. ISSN 2540-7996

[thumbnail of 735-2329-1-PB.pdf] Text
735-2329-1-PB.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan di kelas II SD
Negeri 06 Setapang Laut Ketungau Hilir. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 06 Setapang Laut berjumlah 12 siswa, 8 siswa
mengalami kesulitan membaca permulaan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lem-bar observasi, lembar wawancara siswa dan guru, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa kesulitan dalam membaca permulaan siswa kelas II SD
yaitu: 1). penghilangan kata atau huruf (2,5), 2). penyelipan kata (2,625), 2). pengantian kata
(2,875), 4). pengucapan kata yang salah (3,375), 5). pengulangan kata dengan bantuan guru
(3,75), 6). pengulangan (3,375), 7). pembalikan kata (2,37), 8). pembalikan huruf (2,125), 9).
kurang memperhatikan tanda baca (1,5), 10). pembetulan sendiri (2,25), 11), ragu-ragu dan
tersendat-sendat (2,625).
Kata kunci: Membaca, kesulitan membaca permulaan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:57
Last Modified: 27 Jun 2023 06:57
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item
View Item