EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI INFORMATION SEARCH DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MENSIKU SINTANG –KALIMANTAN BARAT

Eliana, Yunitha Seran and Jakaria, Jakaria (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI INFORMATION SEARCH DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MENSIKU SINTANG –KALIMANTAN BARAT. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1), Mei 2018.

[thumbnail of 148-364-1-SM.pdf] Text
148-364-1-SM.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat dalam IPS akan membantu menjadi
tujuan dan hakikat pembelajaran IPS yang sebenarnya. Pembelajaran IPS perlu
dikembangkan dengan terus mengupayakan keseimbangan antara dimensi pengetahuan
(Knowledge) dan dimensi yang lainnya yaitu keterampilan (skill), sikap dan nilai (value and
attitude), serta dimensi tindakan (action). Penggunaan strategi pembelajaran information
search dianggap tepat untuk menanamkan bekal pengetahuan dalam dimensi pengetahuan
yang mencakup fakta, konsep, dan generalisasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan
Kualitatif deskriptif. Subyek Penelitian adalah siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 4
Mensiku. Alat pengumpulan data lembar observasi dan wawancara. Adapun hasil kegiatan
penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan strategi information search
dalam pembelajaran IPS di kelas rendah disimpulkan sangat efektif. Aktivitas belajar siswa
ditemukan 100% sangat baik. Hal ini didukung oleh adanya tahapan pembelajaran yang
Strategi information search yang memberikan peningkatan kognitif yang disertai dengan
proses pembelajaran yang menyenangkan dan gembira bagi siswa.

Kata Kunci : Strategi Information Search, IPS Kelas Rendah Sekolah Dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:07
Last Modified: 27 Jun 2023 03:07
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item
View Item