Muhamad, Rifai and Abidarin, Rosidi and Syamsul, A. Syahdan ANALISIS E-CRM (ELECTRONIC-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA SHOWROOM PT.TROPICA NUCIFERA INDUSTRY YOGYAKARTA. Sisfotenika.
17-111-1-PB (5).pdf
Download (1MB)
Abstract
Keberadaan konsumen serta pelanggan adalah bagian penting bagi perusahaan dalam menunjang kesuksesan perusahaan itu sendiri. Dalam dunia bisnis, konsep mengelola pelanggan dikenal dengan nama CRM (Customer Relationship Management). Seiring dengan perkembangan teknologi internet saat ini, proses CRM tersebut kini dapat dikonversikan ke
dalam bentuk e-CRM (Electronic-Customer Relationship Management). Membangun suatu prototipe sistem e-CRM dalam bentuk website sebagai alternatif sistem baru merupakan tujuan dari penelitian ini. Hal tersebut didasarkan oleh beberapa kendala yang dialami showroom PT.Tropica Nucifera Industry Yogyakarta pada sistem CRM yang sedang berjalan, utamanya pada sektor pelayanan. Adapun proses yang dilalui untuk menghasilkan prototipe tersebutdiantaranya analisis mekanisme sistem lama, pemodelan UML, pemodelan data, pemodelan
prototipe, dan terakhir adalah merumuskan layanan e-CRM pada sistem baru. Akhirnya penelitian ini menyimpulkan bahwa penting bagi showroom PT.Tropica Nucifera Industry Yogyakarta untuk memaksimalkan proses CRM yang sedang berlangsung, ke arah e-CRM melalui penggunaan teknologi internet. Adapun prototipe sistem e-CRM yang telah dibuat,
merupakan kontribusi penulis untuk memberikan gambaran kepada pihak showroom tentang bagaimana sistem baru bekerja sebagai wujud dalam memaksimalkan sektor pelayanan kepada para konsumen dan pelanggan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | admin |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 13:22 |
Last Modified: | 09 Feb 2024 07:45 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/42 |